PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 BATAM

Hartanto, Suryo (Unknown)
Sriyani, Sriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Batam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 11 Batam. Sebagai sampel adalah kelas VIII11 menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan kelas VIII10 menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan: 1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar matematika 2) tidak terdapat pengaruh penerapan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika 3) terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar 4) model pembelajaran Talking Stick lebih baik dari pada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar (kubus dan balok) siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Batam.Kata kunci: Model pembelajaran Talking Stick, Hasil belajar matematikaThe purpose of the research is to find an effect of Talking Stick model and conventional learning model toward students mathematic achievement of VIII grade in SMP Negeri 11 Batam. This research is a quasi experimental.with non equivalent control group design. The population and sample of the research VIII grade students of SMP Negeri 11 Batam. Technique sampling by Cluster Random Sampling. Sample of the research is VIII11 use Talking Stick model and VIII10 use conventional learning.. The instrument used by test and already valid and reliabel. Based on the research obtained that: 1) there is an effect of Talking Stick model toward students mathematic achievement 2) there is not effect of conventional learning toward students mathematic achievement 3) there are difference effect between Talking Stick model and conventional learning toward students achievement 4) Talking Stick model is better than conventional learning toward students mathematic achievement to flat side of geometry (cube and block) VIII class SMP Negeri 11 Batam.Keywords: Talking Stick learning model, mathematics learning achievement

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...