PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING

Sari, Riska Novia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji masalah peningkatan kemampuan penalaranmatematis siswa sebelum dan sesudah belajar melalui pembelajaran penemuan terbimbingdan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desainkelompok kontrol non ekivalen. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 3 Lembang.Sampel terdiri dari kelas IXA sebagai kelompok kontrol dan kelas IXB sebagai kelompokeksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen tes dan lembar observasi. Datadianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwapeningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar melalui pembelajaranterbimbing lebih baik daripada siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional.Kata Kunci: pembelajaran penemuan terbimbing, kemampuan penalaran matematis

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...