Journal of International Multidisciplinary Research
Vol. 2 No. 6 (2024): Juni 2024

Pengaruh Model Kooperatif Make a Match Dan Everyone Is a Teacher Here Terhadap Kemampuan Analisis Pada Pembelajaran Jurnal Penyesuaian

Siti Fatimah (Unknown)
Sudiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif Make a Match dan Everyone is a Teacher Here terhadap peningkatan kemampuan analisis pada pembelajaran jurnal penyesuaian di kelas X SMK Negeri 6 Surakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) SMK Negeri 6 Surakarta yang berjumlah 108 peserta didik dengan sampel penelitian kelas X AKL 3 sebagai kelas eksperimen dan X AKL 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 36 peserta didik. Pemilihan sampel ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berbentuk essay. Analisis data penelitian ini menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Make a Match dan Everyone is a Teacher Here memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan analisis peserta didik pada pembelajaran jurnal penyesuaian di kelas X SMK Negeri 6 Surakarta yang dibuktikan dengan thitung = 3,138 dan nilai Sig.(2-tailed) = 0,002. Adanya peningkatan kemampuan analisis peserta didik setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Make a Match dan Everyone is a Teacher Here juga di buktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata kemampuan analisis kelas eksperimen dari 55,4167 pada pre-test menjadi 84,4722 pada post-test. Perolehan nilai rata-rata post-test kelas eskperimen tersebut juga lebih tinggi apabila dibandingkan dengan perolehan nilai rata-rata post-test kelas kontrol yang sebesar 77,8889

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jimr

Publisher

Subject

Other

Description

Journal of International Multidisciplinary Research is a scientific publication that aims to provide a broad platform for research, discussion, and deeper understanding across various disciplines. The journal welcomes contributions in all fields of science from various fields of study, including ...