jurnal niara
Vol. 17 No. 2 (2024)

Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN Bengkalis

Haris septian (Unknown)
Risnawati (Unknown)
Annisa Rahmadani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2024

Abstract

Prasarana merupakan keseluruhan perlengkapan yang tidak secara langsung mendukung dalam proses pendidikan disekolah. Prasarana belajar berupa gedung sekolah, ruangan, lapangan. Sarana belajar berupa buku, fasilitas sekolahan, media pembelajaran. Kelengkapan sarana prasarana belajar menjadikan kondisi pembelajaran lebih baik. Adapun tujuan ini di lakuka ialah untuk mengetahu seberapa besar penaruh sarana dan prasarana terhdap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan gama islam. Selain itu teknik penelitian ini yaitu Pendekatan kuantitatif menggunakan cara kerja perhitungan statistik, Data yang digunakan adalah data cross section. Adapun hasil dan pembahasan terlihat bahwa diperoleh besar koefisien determinasi adalah 0,058 maka pengaruh variabel bebas (independent) terhadap perubahan variabel dependent adalah 5,8%. Jadi besarnya pengaruh sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa adalah 5,8%, sedang pengaruh variable yang tidak diteliti sebesar 94,2%. Ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa di SMPN Bengakalis. Faktor yang paling berpengaruh adalah guru pendidikan agama islam yang berperan sebagai pengawas, motivator, penilai, perencana, mentor, pemimpin kelas, dan penyelenggara lingkungan belajar, sehingga siswa memiliki minat dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nia

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The scope includes but is not limited to topics, e.g. public policy, administrative reform, corporate governance, collaborative governance, dynamic public services, e-government, digital governance, e-commerce, local government studies, multi-level governance, financial institutions, behavioral ...