Jurnal Penelitian Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 2 (2024): NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Peserta Didik Kelas XI SMA YKP Monamas Bontang Tahun Pembelajaran 2022/2023

Aslam, Muhammad (Unknown)
Rahmatsyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2024

Abstract

Artikel ini membahas tentang upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan public speaking peserta didik kelas XI SMA YKP Monamas Bontang tahun pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan public speaking peserta didik kelas XI SMA YKP Monamas Bontang tahun pembelajaran 2022/2023 dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan public speaking peserta didik kelas XI SMA YKP Monamas Bontang tahun pembelajaran 2022/2023. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, artinya data penelitiannya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PAI dimulai dengan memberi motivasi pada peserta didik akan pentingnya kemampuan public speaking. Selain itu, guru PAI menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dan bisa menunjang peningkatan kemampuan public speaking peserta didik seperti metode diskusi, metode tanya jawab, dan metode demonstrasi. Selanjutnya, guru PAI membiasakan public speaking pada peserta didik disetiap pembelajaran. Selain daripada itu, guru PAI juga mendorong peserta didik untuk terus mengasah dan meningkatkan kemampuan public speakingnya, dengan memanfaatkan setiap kesempatan, baik yang di sekolah maupun yang di luar sekolah, yang bisa melatih peserta didik untuk berani tampil di depan umum seperti mengikuti lomba ceramah, pidato, menjadi MC dan lain-lain. Kesimpulan dari penelitian ini, upaya yang guru PAI dalam meningkatkan kemampuan public speaking peserta didik kelas XI SMA YKP Monamas Bontang bisa dikatakan berhasil. Hal itu bisa dilihat dari grafik peningkatan kemampuan public speaking peserta didik dan juga dari jawaban peserta didik ketika wawancara terkait manfaat yang peserta didik dapatkan dari upaya peningkatan kemampuan public speaking tersebut. Manfaat tersebut antara lain: peserta didik menjadi lebih percaya diri daripada sebelumnya, pembiasaan public speaking menumbuhkan sikap leadership peserta didik, peserta didik bisa menyampaikan ide atau pendapat dengan lancar, dan meningkatnya skill berpikir kritis dari peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nabawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Nabawi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam (NJPPI) is a scholarly, peer-reviewed publication committed to advancing research in the realm of Islamic religious education and teaching. Employing a meticulous double-blind review process, NJPPI seeks to provide a comprehensive platform for researchers ...