Jurnal Penelitian Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 1 (2024): NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam MTs Al Ikhlas Bontang

Parmono (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini ditujukan untuk mengetahui Peningkatan Motivasi dan Prestasi belajar siswa MTs. Al Ikhlas Bontang kelas IX dan melalui Implementasi model pembelajaran Kooperatif STAD. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu Pre tes dan kuis ; lembar pedoman observasi kemampuan guru mengajar dan lembar observasi motivasi siswa terhadap pembelajaran mata pelajaran sejarak kebudayaan Islam kelas IX MTs. Analisis data dilakukan dengan analisis deskrptif melalui presentase ketuntasan hasil belajar. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Presentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari siklus 1, 2 dan 3, dari 36.67 % hinga 96.67 %. Implementasi pembelajaran kooperatif STAD dan media LCD (Power Point) telah meningkatkan aktivitas motivasi siswa dalam mempelajari mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX MTs. 3) Siswa lebih termotivasi dan aktif terhadap proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nabawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Nabawi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam (NJPPI) is a scholarly, peer-reviewed publication committed to advancing research in the realm of Islamic religious education and teaching. Employing a meticulous double-blind review process, NJPPI seeks to provide a comprehensive platform for researchers ...