Jurnal Penelitian Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 1 (2024): NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam

Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Ice Breaking Siswa Kelas II SDN Negeri 002 Bontang Selatan Tahun Pembelajaran 2022/2023

Amalina, Rifka Nur (Unknown)
Syamsiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Kegiatan ice breaking dalam pembelajaran PAI siswa kelas II SD Negeri 002 Bontang Selatan dilakukan sebagai upaya guru dalam menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, bersemangat dan tidak mengantuk sehingga siswa memiliki minat untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa, mengetahui minat belajar siswa setelah diterapkannya metode ice breaking dan penerapan metode ice breaking dalam meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan kajian dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan guru SD Negeri 002 Bontang Selatan melakukan upaya dalam meningkatkan minat belajar diantaranya menggunakan metode bervariasi, memberikan motivasi dan penghargaan kepada siswa. Setelah diterapkannya ice breaking minat belajar siswa meningkat hal ini dibuktikan dengan keaktifan, mengikuti pembelajaran dengan baik dan mengerjakan tugas tanpa adanya paksaan. Sebelum pelaksanaan ice breaking guru menentukan jenis ice breaking, mempersiapkan alat, menjelaskan cara pelaksanaan, dan mengembangkan ice breaking. Kesimpulan dari penelitian ini upaya guru dalam meningkatkan minat belajar PAI melalui metode ice breaking siswa kelas II dikatakan sudah cukup baik. Hal ini dapat diketahui dari skema peningkatan minat belajar dan jawaban guru PAI mengenai penerapan ice breaking yang memudahkan guru untuk menarik perhatian siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nabawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Nabawi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam (NJPPI) is a scholarly, peer-reviewed publication committed to advancing research in the realm of Islamic religious education and teaching. Employing a meticulous double-blind review process, NJPPI seeks to provide a comprehensive platform for researchers ...