Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching
Vol 1, No 1 (2012)

PENGARUH PENERAPAN PENILAIAN JENIS PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BE-LAJAR SISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN (Studi Eksperimen Siswa Kelas VIII MTs Negeri Kadugede)

Toheri Toheri (Unknown)
iis siti nuraisyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2012

Abstract

Perubahan model evaluasi tidak otomatis mengubah wajah pembelajaran yang di dalam kelas, tetapi paling tidak akansangat mempengaruhi suasana pem-belajaran. Sistem evaluasi merupakan komponen penting dalam proses belajarmengajar di kelas. Salah satu model evaluasi yang sedang berkembang dan efektif, memiliki banyak manfaat baik bagiguru maupun siswa adalah model penilaian jenis portofolio. Evaluasi yang dilakukan oleh guru kurang valid danreliable, as-pek yang dinilai oleh guru kurang lengkap, serta adminstrasi guru dalam bidang penilaian juga sering tidaklengkap. Model penilaian yang diharapakan mampu mengungkap dan menilai peserta didik lebih akurat dan lebihlengkap didasarkan pada bukti (dokumen) yang dipunyai oleh masing-masing siswa. Penilaian portofolio adalah suatu penilaian yang bertujuan mengukur se-jauh mana kemampuan siswa dalammengkontruksi dan merefleksi suatu peker-jaan atau tugas atau karya dengan mengoleksi atau mengumpulkan bahanbahanyang relevan dengan tujuan dan keinginan yang dikontruksi oleh siswa, sehingga hasil kontruksi tersebut dapatdinilai dan dikomentari oleh guru dalam periode ter-tentu. Jadi penilaian portofolio merupakan suatu pendekatan dalampenilaian ki-nerja siswa atau digunakan untuk menilai kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa melalui penilaian jenis portofolio, prestasi belajar siswaditinjau dari jenis kelamin dan pengaruh penerapan penilaian jenis portofolio pada pembalajaran matematika ter-hadapprestasi belajar ditinjau dari jenis kelamin. Pendekatan ini menggunaan pendekatan kuantitatif yaitu adakah pengaruh penerapan penilaian jenis portofolio padapembelajaran matematika terhadap pres-tasi belajar siswa ditinjau dari jenis kelamin di MTs Negeri Kadugede. Adapunteknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan angket. Kemu-daian dianalisis dengan uji normalitas,uji homogenitas dan menggunakan anova dua arah. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian belajar menggunakanpenilaian jenis portofolio pada mata pelajaran matematika kelas VIII MTs Negeri Kedugede. Setelah di ujimenggunakan anova dua jalur ternyata memiliki perbe-daan prestasi belajar siswa antara portofolio dokumentasi,portofolio penampilan dan portofolio proses berdasarkan jenis kelamin karena memiliki nilai F hitung sebesar 0,963dengan signifikannya 0,385. Dalam uji multiple comparisons me-nunjukan portofolio penampilan perempuan yangpaling bagus dengan nilai mean 80,412 dengan nilai 75,850 sampai 84,974. Tidak terdapat perbedaan prestasi bela-jardilihat dari jenis kelamin karena Fhitung<Ftabel yaitu 1,98<3,96 maka hipotesis ditolak, terdapat perbedaan prestasibelajar berdasarkan jenis portofolio Fhi-tung>Ftabel yaitu 15,318>3,96 maka hipotesis diterima. Tidak terdapatpengaruh an-tara jenis portofolio dalam meningkatkan prestasi matematika ditinjau dari jenis kelamin yaituFhitung<Ftabel atau 0,963<3,96 maka hipotesis ditolak.Kata Kunci : Portofolio, system evaluasi

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

eduma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDUMA scientific journal is a publication containing the results of research, development, studies and ideas in the field of Mathematics Education. Firstly published in 2009 and has been listed on PDII LIPI on May 10, 2012. Based on decree number 21/E/KPT/2018, EDUMA was has been accredited by ...