Jurnal Benuanta
Vol 3 No 2 (2024): Jurnal Benuanta Vol. 3 No.2 Tahun 2024

Peningkatan Kompetensi Guru SMK dalam Menyusun Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Berbasis AKM

Feriyanto, F (Unknown)
Mardiana, Wiwik (Unknown)
Afkar, Taswirul (Unknown)
Arisandi, Rendis Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Hasil wawancara dengan Kepala SMK Hasyim As’ari Mojokerto diperoleh belum pernah ada kegiatan pendampingan bagi Bapak/Ibu guru dalam menyusun soal AKM. Guru-guru juga mengeluh kesulitan dalam memahami AKM dan bagaimana cara menyusun soal berbasis AKM. Sehingga dilaksanakan pengabdian ini yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMK Hasyim Asy’ari dalam menyusun asesmen pembelajaran kurikulum merdeka berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Kegiatan pengabdian ini terdiri dari tahapan persiapan, implementasi dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan dilakukan mulai tanggal 7 s/d 11 Juni 2024. Berdasarkan hasil pengabdian diperoleh respon positif dari peserta baik dari aspek materi yang disampaikan, metode pelatihan dan narasumber. Respon peserta sangat antusias dan menerima materi dengan baik. Hal ini ditunjukkan oleh semua peserta bertanya perihal yang belum dipahami secara langsung. Adanya kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat menyusun soal berbasis AKM secara mandiri dan menerapkan dalam pembelajaran baik tes formatif maupun sumatif untuk melatih kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis AKM

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JB

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Social Sciences

Description

Jurnal Benuanta merupakan Jurnal Pengabdian Masyarakat yang diterbitkan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Kaltara. Jurnal Benuanta terbit Dua Kali setahun yaitu Juli dan Januari yang membahas praktik dan proses pengabdian masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat ...