RENATA Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua
Vol. 1 No. 3 (2023): Renata - Desember 2023

Pendampingan Siswa Pada Kegiatan Tahfidz Alqur’an dengan Metode Jibril di SD 14 Koto Panjang

Albersa, Ruri (Unknown)
Kustati, Martin (Unknown)
Gusmirawati, Gusmirawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2023

Abstract

Pendampingan ini dilakukan bertujuan untuk untuk memudahkan siswa dalam menghafal alqurang. pendampingan ini dilatarbelakangi karena masih banyak kekurangan peserta didik dalam melafalkan ayat Al-Qur’an yang tidak sesuai dengan kaidah tajwid yang benar. pendmpingan ini untuk membantu peserta didik dalam menghafal ayat Al-Qur’an dalam program ekstrakurikuler Tahfidz terutama juz 30. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini strategi Participatory Action Research (PAR). Metode pelaksanaan pendampingan ini adalah Metode Jibril. Metode Jibril merupakan metode yang tepat dari sekian banyak metode menghafal Al-Qur’an. Metode jibril adalah talqin-taqlid (menirukan), siswa menirukan bacaan gurunya dimana posisi guru sebagai sumber belajar, dilaksanakan dengan guru memulai membaca sepotong ayat kemudian dilanjutkan dengan siswa mengulang kembali bacaan yang dibaca oleh guru terlebih dahulu Hasil dari pendampingan dengan menggunakan metode jibril ini menunjukan bahwa: (1) Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghapal Al-Qur’an. (2) Meningkatkan pemahaman peserta didik dalam dalam mengingat hafalannya. (3) Meningkatkan semangat peserta didik dalam mengulangi hafalannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

renata

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Other

Description

RENATA adalah jurnal pengabdian masyarakat untuk semua masyarakat Indonesia. Jurnal ini yang tidak terbatas pada kalangan akademisi, peneliti, dan mahasiswa. Namun, jurnal inipun mencakup pada kelompok keilmuan, lembaga profesi, atau kalangan masyarakat lain yang membutuhkan publikasi dari kegiatan ...