Siswa SLBN Karangrejo membutuhkan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemandirian. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan farm education dengan pendekatan STEAM melalui berternak cacing. Selain itu, peneltian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian siswa SLBN Karangrejo setelah melaksanakan farm education dengan pendekatan STEAM. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk penelitian ini. Subjek penelitian adalah 1 guru dan 4 siswa SLBN Karangrejo Madiun. Metode wawancara dan observasi digunakan untuk pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik interaktif sehingga diperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa farm education dilaksanakan dalam 2 siklus dengan pendekatan penelitian tindakan kelas, berbasis proyek, dengan tahapan STEAM. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemandirian siswa SLBN Karangrejo setelah melaksanakan farm education.
Copyrights © 2024