MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 3 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, September 2024

Hubungan Antara Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Spasial Peserta Didik dengan Hasil Belajar Geografi di SMA Negeri 2 Pariaman

Fadila (Unknown)
Nova, Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan minat belajar terhadap hasil belajar dalam pembelajaran geografi, hubungan kemampuan berpikir spasial terhadap hasil belajar dalam pembelajaran geografi, dan hubungan antara minat belajar dan kemampuan berpikir spasial dengan hasil belajar mata pelajaran geografi di SMA Negeri 2 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan sifat penelitiannya korelasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X E berjumlah 141 peserta didik yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen, analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan 1) Adanya hubungan minat belajar dengan hasil belajar sebesar 10,2% dengan koefisien korelasi sebesar 0,319 yang menunjukkan hubungan yang lemah; 2) Adanya hubungan kemampuan berpikir spasial dengan hasil belajar sebesar 10,7% dengan koefisien korelasi sebesar 0,327 yang menunjukkan bahwa hubungan yang lemah; 3) Adanya hubungan minat belajar dan kemampuan berpikir spasial dengan hasil belajar sebesar 19,4% dengan koefisien korelasi 0,440 yang menunjukkan bahwa hubungan yang sedang. Hasil penelitian membuktikan bahwa kedua faktor tersebut, minat belajar dan kemampuan berpikir spasial, dapat berkontribusi secara positif terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...