Pembelajaran bahasa asing lekat dengan konten budaya asing sesuai dengan asal penutur bahasa tersebut. Jika siswa belajar Bahasa Inggris, Maka siswa belajar budaya Inggris. Penelitian ini untuk mengeksplorasi pendekatan yang berbeda, yaitu pembelajaran Bahasa Inggris dengan konten “Local Wisdom”. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur minat siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian mix method berupa explanatory. Penelitian kuantitatif dilaksanakan untuk menentukan level minat siswa, kemudian diikuti penelitian kualitatif untuk mengeksplorasi bagaimana pembelajaran Bahasa Inggris berbasis konten “Local Wisdom” membuat minat siswa berada pada level tersebut. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif berupa angket dan untuk mengumpulkan data kualitatif, penelitian ini menggunakan pedoman wawancara. Interpretasi dari hasil angket yang diberikan menunjukkan hasil yang positif, ini dibuktikan dengan hasil rata-rata yang mencapai 86.73%. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris berbasis konten “Local Wisdom” sangat tinggi. Alasan mendasar dari minatnya siswa dalam belajar Bahasa Inggris adalah senang ketika belajar Bahasa Inggris, dan juga siswa jadi lebih mengetahui bagian-bagian Lopi Sandeq dalam Bahasa Inggris.
Copyrights © 2024