Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 9 No 2 (2024)

THE EFFECTIVENESS OF ANGEL PATH GUIDANCE SERVICE FOR DEVELOPING MATURITY CARRER STUDENTS AT SMA NEGERI 2 IN BOGOR CITY: Efektivitas Layanan Bimbingan Karier Angel Path Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Pada Siswa di SMA Negeri 2 Kota Bogor

Hamidah, Rizka Nur (Unknown)
Angelina, Putri Ria (Unknown)
Irfani, Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Dalam menentukan pilihan masa depan atau disebut dengan karier, seorang individu sudah sepatutnya mempersiapkan diri dari sejak awal pendidikan dengan memahami orientasi karier. Adanya orientasi karier sangatlah penting bagi siswa SMA, pada tahap ini tugas perkembangan siswa SMA masuk pada tahap remaja yakni difokuskan pada penanganan sikap dan pola perilaku yang kekanak-kanankan dengan cara mempersiapkan diri untuk masa depannya. Permasalahan karier setelah lulus merupakan masalah yang sering terjadi di setiap sekolah disebabkan kondisi kematangan karier yang rendah terjadi pada siswa. Tujuan penelitian adalah mengetahui keefektivitasan layanan bimbingan karier angel path untuk meningkatkan kematangan karier pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen dalam bentuk quasi eksperimental design dengan memberikan instrument kematangan karier pre-test dan post test ke dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kontrol, kelas eksperimen diberi treatment/perlakuan berupa layanan bimbingan karier angel path. Hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol terjadi perbedaan yang tidak signifikan melainkan terjadi penurunan berdasarkan hasil dari pre-test dan post-test. Dari hasil uji N-Gain Score diketahui bahwa layanan bimbingan karier berupa media angel path cukup efektif untuk meningkatkan kematangan karier dengan yaitu dengan nilai rata-rata 72,06.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EDUCATE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN: 2527-7677, EISSN: 2614-8331 merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun, berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit pertama kali pada bulan Juli tahun 2016 yang ...