Metodik Didaktik
Vol 20, No 1 (2024): Metodik Didaktik Juli 2024

Pengaruh Penerapan Metode SQ3R Terhadap Keterampilan Memahami Teks Bacaan Di Kelas 4 Sd Muhammadiyah 13 Medan

Harahap, Aulia Rahman Habibi (Unknown)
Ananda, Chairunnisa (Unknown)
Sitepu, Melyani Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat metode SQ3R mempengaruhi keterampilan pemahaman membaca kelas 4 melalui pre-test dan post tes. Salah satu paradigma metode pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan keterampilan membaca adalah teknik SQ3R. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif untuk menguji hipotesis yang diperoleh dari data yang dikumpulkan melalui pendekatan penelitian eksperimen, dengan pengolahan data yang didukung SPSS versi 22. Dalam proses pengambilan sampel digunakan purposive sampling, dengan jumlah siswa kelas IV-B sebanyak 16 orang mewakili kelas eksperimen dan IV-A sebanyak 17 orang mewakili kelas eksperimen kontrol di SDS Muhammadiyah 13 Medan. Pada pre-test keterampilan membaca pemahaman tanpa perlakukan siswa kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata 24 dan siswa kelas kontrol mencapainilai rata-rata 51. Pada post-test keterampilan membaca pemahaman siswa kelas eksperimen menggunakan metode SQ3R mencapainilai rata-rata 81 dan siswa kelas kontrol mencapainilai rata-rata 63 menggunakan metode konvensional. Jika dibandingkan pendekatan SQ3R dengan pembelajaran konvensional, terdapat pengaruh terhadap pertumbuhan kemampuan membaca siswa; nilai Sig uji hipotesis kurang dari 0,041 (Ha).

Copyrights © 2024