Tujuan penerapan metode pembelajaran Discovery Learning adalah upaya untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektive dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data opservasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data yang mendalam yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning dan problematikanya pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Tarbiyatut Tholabah Kranji. Hasil penelitian menuunjukkan bahwa guru menerapkan enam langkah model discovery learning hasil penerapanya sangat evektif, siswa merasa senang, melatih bernalar kritis siswa, terkesan tidak membosankan dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, serta dapat meningkatkan hasil belajar. problematika yang timbul, adanya keterbatasan waktu, keterbatasan nalar pikir kritis siswa dan tidak semua peserta didik mampu menyerap materi, temuan ini menjadi pembeda dari penelitian terdahulu yang hanya fokus pada penerapan model pembelajaran tanpa adanya problemtika.
Copyrights © 2024