Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 7 No. 1 (2024): Awwaliyah: Jurnal PGMI

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problematikanya pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Tarbiyatut Tholabah

Hakim, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Tujuan penerapan metode pembelajaran Discovery Learning adalah upaya untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektive dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data opservasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data yang mendalam yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning dan problematikanya pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI Tarbiyatut Tholabah Kranji. Hasil penelitian menuunjukkan bahwa guru menerapkan enam langkah model discovery learning hasil penerapanya sangat evektif, siswa merasa senang, melatih bernalar kritis siswa, terkesan tidak membosankan dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, serta dapat meningkatkan hasil belajar. problematika yang timbul, adanya keterbatasan waktu, keterbatasan nalar pikir kritis siswa dan tidak semua peserta didik mampu menyerap materi, temuan ini menjadi pembeda dari penelitian terdahulu yang hanya fokus pada penerapan model pembelajaran tanpa adanya problemtika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

awaliyah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang mempublikasikan artikel orisinil yang mengungkap, mendiskusikan, serta mengeksplorasi pemikiran tentang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah juga menerima artikel ...