JS (Jurnal Sekolah)
Vol 8, No 4 (2024): SEPTEMBER 2024

PENGARUH METODE INQUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN IPAS MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SDN 105268 TELAGA SARI T.A 2023/2024

Verbina, Egi (Unknown)
Prawijaya, Septian (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of the inquiry method on critical thinking skills in science lessons on human and animal body organs for grade V of SD Negeri 105268 Telaga Sari Academic Year 2023/2024. This study is a quantitative study with a Quasi Experimental research type. The data collection technique used was a multiple-choice test, the data analysis technique used in this study was the t-test statistical test using SPSS 26. The results of this study indicate that students' critical thinking skills using the inquiry learning method are higher than students' critical thinking skills using conventional learning methods. Statistically, the posttest results of students in the experimental class obtained an average of 76.25 and in the control class an average of 64.50. Thus, the comparison of the average critical thinking skills of different students is 76.25> 64.50. The Independent Sample T-Test test shows Sig. (2- tailed) <0.05, namely 0.000 <0.05, meaning Ha is accepted and H0 is rejected. So it is concluded that the use of the inquiry method on critical thinking skills in science lessons on human and animal organs for grade V of SD Negeri 105268 Telaga Sari Academic Year 2023/2024. Thus, this inquiry method can be used in science learning at the Elementary School level. Keyword: Inquiry Method, Critical Thinking Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode inquiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pelajaran IPAS Materi Organ Tubuh Manusia dan Hewan Kelas V SD Negeri 105268 Telaga Sari T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik uji-t (t-test) dengan menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibandingkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode pembelajaran konvensional. Secara statistik hasil posttest siswa pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 76,25 dan pada kelas kontrol rata-rata 64,50. Dengan demikian perbandingan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang berbeda adalah 76,25 > 64,50. Pada uji Independent Sample T-Test menunjukkan Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi disimpulkan penggunaan metode inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis pada pelajaran IPAS materi organ tubuh manusia dan hewan kelas V SD Negeri 105268 Telaga Sari T.A 2023/2024. Dengan demikian, metode inkuiri ini dapat digunakan dalam pembelajaran IPAS pada tingkat Sekolah Dasar.Kata Kunci: Metode Inkuiri, Berpikir Kritis

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...