Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau
Vol 9, No 2 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA I-SPRING TERHADAP HASIL DAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Simarmata, Tiomelda (Unknown)
Selly, Rini (Unknown)
Sari, Sri Adelila (Unknown)
Jasmidi, Jasmidi (Unknown)
Zubir, Moondra  (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Pelajaran kimia merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang susah dipahami karena teori yang dipelajari bersifat abstrak, banyak menggunakan rumus dan perhitungan, salah satunya pada materi kesetimbangan kimia. Penerapan kegiatan pembelajaran masih bersifat teacher centered yang menyebabkan siswa kurang aktif ketika proses belajar mengajar. Ketika pembelajaran berlangsung, siswa juga dinilai memiliki minat belajar yang rendah. Hal ini ditandai dari sikap siswa yang cenderung pasif dan kurang berperan saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media I-Spring terhadap hasil dan minat belajar siswa SMA kelas XI pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dimana masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest kontrol grup design yang melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal pilihan berganda berjumlah 20 soal dan instrumen non tes berupa angket minat berjumlah 20 pernyataan. Untuk uji hipotesis menggunakan uji t pihak kanan dan uji korelasi product moment. Dari hasil penelitian diperoleh nilai pada uji hipotesis I yaitu t hitung > t tabel dimana harga t hitung sebesar 11,839 dan t tabel 1,996 dan pada uji hipotesis II, t hitung sebesar 11,339 dan t tabel sebesar 1,996. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media I-Spring terhadap hasil dan minat belajar siswa SMA kelas XI pada materi kesetimbangan kimia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPKUR

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau (JPK UNRI)menerbitkan makalah ilmiah dari hasil penelitian dan Tinjauan literatur dalam Bidang Pendidikan Kimia dan Sains. Makalah ilmiah diterbitkan setelah dilakukan peer review. Hasil penelitian yang dapat diterbitkan dalam bidang pendidikan Kimia (seperti ...