Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan model pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design di SMA 5 Sumatera Utara pada tahun pelajaran 2015/2016. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen (XI A) dan kelas kontrol (XI B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan WBT secara signifikan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat dari 64,40 menjadi 79,00%, sementara kelas kontrol hanya mengalami peningkatan dari 66,00 menjadi 73,60. Selain itu, terjadi peningkatan yang signifikan dalam minat belajar siswa terhadap fisika setelah penerapan WBT, yang tercermin dari analisis uji gain dengan nilai mencapai 0,410. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran WBT efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa dalam pembelajaran fisika.
Copyrights © 2024