Media Agribisnis
Vol. 7 No. 2 (2023): November

Analisis Pola Konsumsi Rumahtangga Nelayan Suku Bajo dalam Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Kelurahan Anaiwoi Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka)

Amin, Muhtar (Unknown)
Prihantini, Campina Illa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pola konsumsi rumahtangga nelayan suku Bajo Kelurahan Anaiwoi Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka selama pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 35 pola pola konsumsi rumahtangga nelayan suku Bajo di Kelurahan Anaiwoi dengan rata-rata konsumsi energi rumahtangga berada dalam kategori normal dengan tingkat konsumsi energinya sebesar 114,52% pada masa pandemic covid-19. Sedangkan untuk tingkat konsumsi proteinnya berada dalam kategori defisit tingkat sedang dengan nilai sebesar 75,03%. Hal ini disebabkan oleh kurangnya jumlah konsumsi pada bahan pangan yang mengandung nilai protein tinggi selama masa pandemic covid-19.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Agribisnis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Media Agribisnis has a focus to provide a venue for academicians, researchers, and practitioners for publishing the original research articles or review articles related to the agriculture fields. It is open access and peer-reviewed journal, published by Faculty of Agriculture, Muhammadiyah ...