Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN

IMPLEMENTASI MODEL HYBRID LEARNING PADA PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH STATISTIKA II DI PRODI MANAJEMEN FPEB UPI

Hendrayati, Heny (Unknown)
Pamungkas, Budhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model hybrid learning yaitu model pembelajaran yang mengkombinasikan metode tatap muka dengan metode e-learning, serta melakukan pengukuran terhadap pengaruh dari implementasi model tersebut terhadap prestasi belajar mahasiswa. Model hybrid learning yangdikembangkan ditujukan untuk pembelajaran mata kuliah Statistika II di di Prodi Manajemen UPI. Penelitian dilaksanakan selama 8 bulan dengan tahapan penelitian yang meliputi pengembangan model, uji coba model, dan perbaikan model berdasarkan hasil uji coba. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode Hybrid Learning kurang cocok diterapkan pada mata kulaih statistik 2 yang lebih bersifat kuantitatif. Hal ini terlihat dari nilai hasil ujian mahasiswa yang lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional. Untuk mata kuliah yang bersifat kuantitatif ternyata keberadaan dosen secara fisik masih sangat diperlukan.

Copyrights © 2013