Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN

PROGRAM PELATIHAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL KONSELOR DI SEKOLAH

Heriyanti, Heriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2016

Abstract

Penelitian bertujuan menghasilkan program pelatihan bimbingan dan konseling yang efektif untuk meningkatkan kompetensi profesional konselor SMA Negeri Kota pontianak. Dengan pendekatan studi kompetensi, pengembangan program pelatihan menggunakan model induktif. Model induktif ini digunakan berdasarkan pada kebutuhan pelatihan yang dilakukan pada studi pendahuluan. Populasi penelitian adalah seluruh konselor SMA Negeri Kota Pontianak yang berlatar belakang S1 Bimbingan dan Konseling. Melalui pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, penelitian melakukan penilaian program dan hasil pelatihan dari instrumen kompetensi profesional konselor berupa angket, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan program pelatihan bimbingan dan konseling efektif untuk meningkatkan kompetensi profesional konselor SMA Negeri Kota Pontianak yang dilatihkan. Peningkatan kompetensi profesional konselor kelompok eksperimen lebih tinggi setelah diberikan penerapan program pelatihan bimbingan dan konseling secara signifikan daripada kelompok kontrol yang tidak mendapatkan treatment. Rekomendasi kepada konselor adalah untuk lebih meningkatkan aspek-aspek kompetensi profesional konselor yang diteliti perlu peningkatan. Kepada peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk mengembangkan penelitian ini dengan metode yang berbeda dan lebih khusus pada aspek-aspek kompetensi profesional konselor.

Copyrights © 2013