Samsat Mobile Jawa Barat (SAMBARA) merupakan salah satu inovasi pelayanan publik yang diinisiasikan oleh Badan Pendapatan Daerah untuk membantu masyarakat dalam pembayaran pajak secara online. NamunĀ masih ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan teknologi dalam penggunaan pelayanan publik SAMBARA dan pelayanan SAMBARA yang belum seutuhnya menggunakan sistem online karena adanya keharusan ke kantor Samsat pada proses akhir pelayanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui inovasi pelayanan publik berbasis elektronik SAMBARA di Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik penelitian wawancara dan studi dokumentasi. Dengan mengacu pada teori inovasi yang dikemukakan oleh Rippetoe, P. A., Rogers, R. W. (dalam Prabowo, Suwanda Syafri, 2022 Hal. 42-43) karakteristik inovasi diantaranya keuntungan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemampuan di ujicoba, kemampuan diamati. Hasil penelitian menunjukkan inovasi berdasarkan karakteristik inovasi adalah sebagai berikut: keuntungan relatif, menunjukkan inovasi SAMBARA sangat membantu masyarakat dalam membantu pembayaran pajak. Selain fitur yang membantu masyarakat. Adapun dampak positif pada Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat yakni terjadinya peningkatan sumber penerimaan pajak setelah menggunakan aplikasi SAMBARA. Kesesuaian, yaitu telah sesuai berdasarkan fungsinya. Kerumitan, yaitu pelayanan yang belum bisa dilakukan secara sepenuhya melalui online. Kemampuan diujicobakan, aplikasi SAMBARA telah di lakukan ujicoba sehingga aplikasi dapat diunduh oleh masyarakat. Kemampuan diamati, yaitu aplikasi SAMBARA cukup mudah digunakan.
Copyrights © 2024