Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) Tangerang yang berlokasi di jln. Maulana Yusuf, no. 10 Babakan Cikokol-Tangerang. Masalah penelitiannya adalah kualitas pelayanan akademik dan citra merk lembaga serta pengaruhnya terhadap kepuasan mahasiswa UNIS Tangerang, baik jenjang S-1 maupun S-2. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan akademik, citra merk lembaga serta pengaruhnya terhadap kepuasan mahasisaa UNIS. Dalam penelitian ini digunakan: metode survey kausal; teknik random sampling dengan pola Slovin, berjumlah 44 orang; teknik pengolahan datanya analisis jalur (path analysis). Adapun hasilnya adalah: 1) kualitas pelayanan akademik berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (ρ31), dengan nilai thitung = 4,620 > ttabel =2,021 dan p-value = 0,000 < 0,05; 2) citra merk lembaga berpengaruh langsung secara signifikan terhadap kepuasan mahasiswa (ρ32), dengan nilai thitung = 5,107; ttabel = 2,021 dan p-value = 0,000 < 0,05; 3) kualitas pelayanan akademik dan citra merk lembaga berpengaruh langsung secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,05 > 0,000. Dari 3 jalur yang dibangun, maka semuanya terbukti positif dan signifikan.
Copyrights © 2024