cover
Contact Name
bayu iman
Contact Email
admin@amsaurora.online
Phone
+6281290329593
Journal Mail Official
admin@amsaurora.online
Editorial Address
https://nusantaramadanijurnal.org/index.php/jnm/about/editorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Nusantara Madani
ISSN : -     EISSN : 29644852     DOI : -
Jurnal Nusantara Madani berdiri dengan tujuan untuk mewadahi artikel-artikel ilmiah yang bersumber dari kegiatan penelitian yang lahir dari pemikiran insan akademisi. Kegiatan penelitian yang sejatinya bertujuan mencari solusi atas permasalahan disetiap disiplin ilmu dan menggali inovasi guna menciptakan perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal Nusantara Madani akan menjadi media rekam jejak kegiatan penelitian yang akan menjadi tonggak sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan menjadi media referensi artikel-artikel ilmiah untuk penelitian selanjutnya. Jurnal Nusantara Madani mewadahi tiga bidang ilmu diantaranya Pendidikan, kesehatan, dan Manajemen.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 27 Documents
Hubungan Dukungan Suami dalam Pemberian ASI Ekslusif dengan Pertumbuhan Bayi Umur 6-12 Bulan pada Masa Pandemi Covid-19 di Posyandu Wilayah Mauk Kabupaten Tangerang Nurry ayuningtyas Kusumastuti; Tasya Inshira
Jurnal Nusantara Madani Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Nusantara Madani
Publisher : Jurnal Nusantara Mandani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.381 KB)

Abstract

ABSTRACT Background: Covid-19 is a current virus that emerged in 2020 and until now the virus is still spreading throughout Indonesia. Husband's support is one of the factors that influence the success and failure of exclusive breastfeeding for infants aged 6-12 months. In the Tangerang Regency area, husband's support in exclusive breastfeeding is one of the important roles in the growth of babies that can affect weight and height gain. This study aims to determine the relationship between husband's support in exclusive breastfeeding with the growth of infants aged 6-12 months. Subject and method : This research method used quantitative methods with a retrospective study approach. This research was conducted in September 2021. The population in this study were mothers who had babies aged 6-12 months as many as 186 people. The number of samples that meet the inclusion character is 65 people. The sampling technique in this study used Simple Random Sampling. The measuring instrument of this study used a husband's support questionnaire sheet. The data obtained were processed using the Chi Square test. Results: Based on the results of the study, there were 20 respondents (35.7%), supporting and normal as many as 8 respondents (14.3%), supporting and more than 28 respondents (50.0%). Meanwhile, 7 respondents (77.8%) did not support and did not get it, and 0 respondents (0%) did not support normal and did not support and more than 2 respondents (22.2%). The results of the chi square statistical test show that the p-value is 0.035 <0.05. Conclusion : There was a significant relationship between husband's support in exclusive breastfeeding and the growth of babies aged 6-12 months.   Keywords : Exclusive Breastfeeding, Husband's Support, Growth of Babies   Abstrak Latar Belakang : Covid-19 merupakan virus yang terjadi pada saat ini yang muncul pada tahun 2020 dan sampai sekarang virusnya masih tersebar di seluruh Indonesia. Dukungan suami adalah salah satu yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam pemberian ASI eksklusif pada bayi umur 6-12 bulan. Di wilayah Kabupaten Tangerang dukungan suami dalam pemberian ASI eksklusif menjadi salah satu peran penting dalam pertumbuhan bayi yang dapat mempengaruhi penambahan berat badan dan tinggi badan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan dukungan suami dalam pemberian ASI eksklusif dengan pertumbuhan bayi umur 6-12 bulan. Subjek dan Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan retrospective study. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki bayi umur 6-12 bulan sebanyak 186 orang. Jumlah sampel yang memenuhi karakter inklusi sebanyak 65 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling. Alat ukur penelitian ini menggunakan lembar kuesioner dukungan suami. Data yang diperoleh diolah menggunakan uji Chi Square. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil penelitian menunjukan yang mendapatkan mendukung dan kurang sebanyak 20 responden (35,7%), mendukung dan normal sebanyak 8 responden (14,3%), mendukung dan lebih sebanyak 28 responden (50,0%). Sedangkan yang mendapatkan tidak mendukung dan kurang sebanyak 7 responden (77,8%), tidak mendukung dan normal sebanyak 0 responden (0%), tidak mendukung dan lebih sebanyak 2 responden (22,2%). Hasil uji statistik chi square menunjukan bahwa nilai p-value sebesar 0,035 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan suami dalam pemberian ASI eksklusif dengan pertumbuhan bayi umur 6-12 bulan” Kata Kunci: ASI Eksklusif, Dukungan Suami, Pertumbuhan Bayi
Analisis Pemanfaatan Teknologi Dan Kepribadian Terhadap Minat Entrepreneurship Mahasiswa Keperawatan Stikes Yatsi 2020 Bayu Imanuddin; Febi Ratnasari
Jurnal Nusantara Madani Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Nusantara Madani
Publisher : Jurnal Nusantara Mandani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (948.199 KB)

Abstract

ABSTRACT This study was conducted to determine the use of proprietary technology and personality changes that have arisen in the interests of entrepreneurship / Entrepreneurship among nursing students in the City of Tangerang, where the entrepreneurship process is a process of applying creativity and innovation in exploiting opportunities to achieve more creative and successful business lives. Subjects and methods:  The sample used in this study at 3 health high schools, Muhamadiah University Tangerang, Tangerang Poltekkes and Stikes Yatsi, using Purposive Random Sampling that is on the basis of certain criteria, namely students majoring in nursing. By using a table determining the number of Isaac and Michael D samples obtained 236 Respondents. This research method uses the SEM (Structural Equation Model) method, there are 3 variables used, namely Entrepreneurial Interest as an independent variable while the Utilization of Technology and personality as Variable. While the number of indicators in this study amounted to 19. The results of this study found that. Effect of Technology Utilization (X1). Towards Entrepreneurship Interest (Y) has a standardized estimate (regression weight) of 1.673 or 16.7%. Significantly positive effect The effect of latent Personality (X2) on the 2 latent variable Interest in Entrepreneurship (Y) has a standardized estimate (regression weight) of 7.152 or 71.52% significant positive effect Significantly caused by self-confidence that has so high and can see opportunities and use it. Keywords: Personality, Tangerang City, Entrepreneurship Interest, Nursing Student, Technology Utilization Abstrak Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi dimilik dan perubahan kepribadian yang memucul pada minat kewirausahaan/ Entrepreneurship dikalangan Mahasiswi Jurusan keperawatan di Kota Tangerang, dimana Proses kewirausahaan merupakan suatu proses penerapan kreatifitas dan inovasi dalam memanfaatkan peluang untuk mencapai kehidupan bisnis yang lebih kreatif dan berhasil. Subjek dan metode: Sampel yang digunakan dalam penelitian ini pada 3 sekolah tinggi kesehatan, Universitas Muhamadiah Tangerang, Poltekkes Tangerang dan Stikes Yatsi, dengan mengunakan Purposive Random Sampling yaitu atas dasar kriteria tertentu yaitu mahasiswi jurusan keperawatan.dengan mengungakan tabel penentuan jumlah sampel Isaac dan Michael D maka didapat 236 Responden. Metode Penetilian ini menggunakan metode SEM (Structural Equation Model), terdapat 3 variabel yang digunakan, yaitu Minat Wirausaha sebagai variabel independen sedangkan Pemanfaatan Teknologi dan kepribadian sebagai Variable. Sedangkan jumlah indicator dalam penelitian ini berjumlah 19. Hasil penelitian ini di dapat bahwa. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi (X1). Terhadap Minat Entrepreneurship (Y) memiliki standardized estimate (regression weight) sebesar 1,673 atau sebesar 16,7%. Berpengaruh positif signifikan Pengaruh variabel laten Kepribadian (X2) terhadap variabel laten Minat Entrepreneurship (Y) memiliki standardized estimate (regression weight) sebesar 7,152 atau 71,52% Kesimpulan : berpengaruh positif signifikan Secara siginifikan disebakan dengan keparcayaan diri yang di miliki begitu tinggi dan dapat melihat peluang dan memanfaatkannya. Kata Kunci: Kepribadian, Kota Tangerang, Minat Entrepreneurship, Mahasiswi Keperawatan, Pemanfaatan Teknologi
Hubungan perilaku personal hygiene dengan keputihan di PMB Kabupaten Tangerang Siti Haeriyah; Rosa Novianti
Jurnal Nusantara Madani Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Nusantara Madani
Publisher : Jurnal Nusantara Mandani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.154 KB)

Abstract

Background: According to the World Health Organization (WHO) including regenerative medical conditions, pregnant women experience vaginal discharge by 30.6% caused by the organism Candida albicans. Judging from the Indonesian Health Profile, one of the cases found in pregnant women was vaginal discharge as much as 16%, namely Candida 53%, Trichomonas 3.1% and delegated Microorganisms 40.1%. Subject and method : This study uses a cross sectional method of sampling using a total sampling technique, that is, all members of the population are used as samples. This research was conducted in October-November 2021. The target population in this study were all pregnant women who were taken in October. The sampling technique used in this study uses a total sampling technique. The sample in this study were all pregnant women in PMB Tangerang City in 2021 as many as 53 pregnant women. The measuring instrument of this research used a Personal Hygiene questionnaire sheet. The research data was processed using the Chi Square test. Results: Of the 53 respondents, 37 respondents (69.8%) had poor personal hygiene behavior. good personal hygiene behavior 16 respondents (30.2%) p value 0.003. OR = 9,028 (2.157 – 37.789). Conclusion : so there is a relationship between personal hygiene behavior with vaginal discharge in pregnant women. This means that mothers with poor personal hygiene have a 9,028 times greater chance of experiencing vaginal discharge compared to mothers with good personal hygiene. Keywords : Personal hygiene behavior, vaginal discharge
Pengaruh Customer Relationship Management dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Pelanggan Ekspor Laut Putri Akhsa Nabila; Wendy Agung Indriyansyah; Febrisi Dwita
Jurnal Nusantara Madani Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Nusantara Madani
Publisher : Jurnal Nusantara Mandani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.85 KB)

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study to analyses the effect of customer service relationship management and brand image on customer satisfaction and loyalty in sea export department of PT HTP Transport Indonesia. CRM in freight forwarding is important to improve the company's services to customers so customer can feel satisfied and lead to customer loyalty. Brand image can affect customer loyalty. With a good brand image, customers will believe in the company, resulting in customer loyalty. Customers towards a product or service can have an impact on subsequent purchases, which can increase customer loyalty. This study uses quantitative methods with the sample research on 199 companies. The research technique used is path analysis. The results showed that the CRM variable did not have a direct influence on customer satisfaction and loyalty. Brand image variable has a direct influence on customer satisfaction and loyalty. The customer satisfaction variable has a direct influence on customer loyalty. The variable of customer satisfaction is able to function as a mediator or mediation of the indirect influence of CRM and brand image on the loyalty in sea export department of PT HTP Transport Indonesia Keywords: customer relationship management, brand image, customer satisfaction, customer loyalty. ABSTRACT Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh customer service relationship management dan brand image terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada departemen ekspor laut PT HTP Transport Indonesia. CRM dalam freight forwarding penting untuk meningkatkan pelayanan perusahaan kepada pelanggan sehingga pelanggan dapat merasa puas dan menimbulkan loyalitas pelanggan. Citra merek dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan. Dengan citra merek yang baik, pelanggan akan percaya pada perusahaan, sehingga menghasilkan loyalitas pelanggan. Pelanggan terhadap suatu produk atau jasa dapat berdampak pada pembelian selanjutnya, yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel penelitian pada 199 perusahaan. Teknik penelitian yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel CRM tidak berpengaruh langsung terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Variabel citra merek memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan mampu berfungsi sebagai mediator atau mediasi pengaruh tidak langsung CRM dan citra merek terhadap loyalitas pada departemen eksporlaut PT HTP Transport Indonesia Kata kunci: Manajemen hubungan pelanggan, citra merek, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan.
Influence Of Facility and Quality Of Service On Customer Loyalty Through Customer Satisfaction Putri Akhsa Nabila; Wendy Agung Indriyansyah; Febrisi Dwita
Jurnal Nusantara Madani Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Nusantara Madani
Publisher : Jurnal Nusantara Mandani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.714 KB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to analyze the effect of facilities and service quality on customer loyalty through customer satisfaction as an intervening variable at PT WAI bonded warehouses. Facilities in bonded warehouses are very important to improve the company's services to customers so that customers feel satisfied and lead to customer loyalty. Service quality can also affect customer loyalty. With good service quality, customers will believe in the company, resulting in customer loyalty. Customer satisfaction with a product or service can have an impact on subsequent purchases, which can also increase customer loyalty. This study uses quantitative methods with a research sample of 40 companies. The research technique used is path analysis. The results showed that the facility variable did not have a direct influence on customer satisfaction and loyalty. The service quality variable has a direct influence on customer satisfaction and loyalty. Customer satisfaction variable has a direct influence on customer loyalty. The customer satisfaction variable is not able as a mediator or mediation of the indirect effect of facilities on customer loyalty, but the customer satisfaction variable is able to be a mediator or mediation for the service quality variable on customer loyalty PT WAI bonded warehouse (Persero). Keywords: Facilities, service quality, customer satisfaction, customer loyalty Abstrak Penelitian ini bertujuan untk menganalisis pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada Gudang berikat PT WAI. Fasilitas dalam Gudang berikat sangatlah penting untuk meningkatkan layanan perusahaan kepada pelanggan sehingga pelanggan merasa puas dan menimbulkan loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan dapat pula mempengaruhi loyalitas pelanggan. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik, pelanggan akan percaya kepada perusahaan sehingga menimbulkan loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan terhadap suatu produk atau jasa dapat memberikan dampak pada pembelian selanjutnya, dimana hal tersebut dapat pula meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sempel penelitian 40 perusahaan. Teknik penelitian yang digunakan adalah path analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel fasilitas tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan tidak mampu berfungsi sebagai mediator atau mediasi pengaruh tidak langsung fasilitas terhadap loyalitas pelanggan, namun variabel kepuasan pelanggan mampu menjadi mediator atau mediasi untuk variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Gudang berikat PT WAI. Kata kunci: Fasilitas, Kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan.
HUBUNGAN MOTIVASI PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPATUHAN PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN SETANDAR PROSEDUR OPRASIONAL (SPO) PEMASANGAN INFUS DI INSTALASI RAWAT INAP RSUD MALINGPING PROVINSI BANTEN TAHUN 2022 Iing Kurniawan; Zahrah Maulidia Septimar
Jurnal Nusantara Madani Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Nusantara Madani
Publisher : Jurnal Nusantara Mandani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.094 KB)

Abstract

Tindakan menginfus ialah tindakan medis, kegiatan ini juga yang paling umum dikerjakan disebuah pelayanan kesehatan. tindakan tersebut menyebabkan dampak timbulnya infeksi, mengakibatkan bertambahnya harga pengobatan dan lamanya pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi perawat dengan tingkat kepatuhan perawat dalam melaksanakan Standar Prosedur Operasional (SPO) pemasangan infus di instalasi rawat inap RSUD Malingping Provinsi Banten tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan menganalisa hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen melalui pendekatan “Cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling berupa total sampling/sampel jenuh, yaitu sebanyak 53 orang perawat. Hasil uji chi square diatas diperoleh nilai P = 0,002, am melaksanakan Standar Prosedur Operasional (SPO) pemasangan infus di Instalasi Rawat Inap RSUD Malingping Provinsi Banten Tahun 2022. Dengan penelitian ini diharapkan perawat dapat meningkatkan kepatuhan dalam melaksanakan SPO yang berlaku dalam hal ini khususnya SPO pemasangan infus.
EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI PKBM (PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT) MALEO KOTA TANGERANG SELATAN Dewi Nur Fajarotun Nisa; Raysha Ramadhani; Novan Ramadani Agia; Djulia Pramudita; Nurul Yasmin Damayanti
Jurnal Nusantara Madani Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Nusantara Madani
Publisher : Jurnal Nusantara Mandani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.549 KB)

Abstract

Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengetahui efektivitas program pendidikan kesetaraan Paket C, ketercapaian tujuan program, dan dampak dari program pendidikan kesetaraan bagi peserta didik maupun alumni PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Maleo Kota Tangerang Selatan. Metode evaluasi yang digunakan adalah dengan studi kasus untuk mengkaji secara analitis dan deskriptif mengenai program kesetaraan Paket C yang ada di PKBM Maleo serta menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Analisis data dalam evaluasi ini yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Untuk penarikan sampel dalam evaluasi digunakan dengan teknik purposive sampling dan informan yang sudah ditetapkan berdasarkan kriteria tertentu. Teknik pengambilan data yang digunakan dengan observasi serta wawancara dengan informan. Berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Maleo ini sudah berjalan dengan optimal berdasarkan kriteria-kriteria standar secara objektif yang sudah ditetapkan sebelumnya. Lama Pembelajaran pendidikan kesetaraan Paket C untuk setiap angkatan adalah 6 semester atau selama 3 tahun pembelajaran dengan mengikuti struktur kurikulum 2013. Dalam proses pembelajarannya yaitu termasuk pembelajaran akademik yang dimana tutor memberikan materi untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kepada peserta didik. Dampak positif dengan adanya pendidikan kesetaraan ini membuat para peserta didik lebih bersemangat untuk menuntut ilmu, karena merasa sangat terbantu, dan merasa sangat mendapatkan pendidikan yang layak seperti pendidikan formal lainnya.
EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KOMPUTER DI LPK TEKNOSS CIRUAS SERANG BANTEN Sintia Dwi Rahayu; Nayyera Noor; Alya Rachma Assyifa; Shofa Alya Cantika; Muhammad Iqbalsyah
Jurnal Nusantara Madani Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Nusantara Madani
Publisher : Jurnal Nusantara Mandani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.417 KB)

Abstract

LPK Teknoss merupakan lembaga pendidikan non formal yang mengadakan program pelatihan untuk warga belajar yang ingin memiliki keahlian dibidang komputer. Salah satu program kecakapan hidup yang di selenggarakan adalah mengoprasikan komputer seperti menggunakan aplikasi administratif yaitu microsoft. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi program secara menyeluruh terhadap program pelatihan komputer di LPK Teknoss dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Evaluasi ini menggunakan studi deskriptif evaluative dengan pendekatan kualitatif. Metode evaluasi kualitatif digunakan untuk mengevaluasi pada kondisi objek alamiah, dimana evaluator merupakan instrumen kunci. Model CIPP (Context, Input, Process and Product) merupakan kerangka yang komprehensif untuk mengarahkan pelaksanaan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif terhadap objek program, proyek, personalia, produk, institusi, dan sistem. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sarana dan prasarana yaitu komputer terkadang mengalami kendala seperti kurang responding dan ruang kelas kurang memadai karena hanya cukup beberapa komputer saja. Serta para peserta belum optimal dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran pelatihan komputer. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeliharaan komputer setidaknya 2-3 kali seminggu dan perlu adanya pengulangan kembali materi yang diajarkan sesering mungkin agar peserta didik dapat mendapatkan skor yang cukup untuk menyelesaikan evaluasi pembelajaran, baik tertulis maupun praktek. Kata Kunci: Pendidikan Non Formal; Evaluasi; Pelatihan Komputer
Tingkat Pengetahuan Masyarakat Kel. Pasir Gunung Selatan Tentang Penggunaan Obat Bebas dan Bebas Terbatas Untuk Swamedikasi Hayatun Nufus; Renny Septiani Mokodongan
Jurnal Nusantara Madani Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Nusantara Madani
Publisher : Jurnal Nusantara Mandani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.482 KB)

Abstract

Latar belakang: Swamedikasi merupakan salah satu cara pemilihan serta penggunaan obat-obatan oleh individu untuk mengobati penyakit atau tanda-tanda yang dapat dikenali sendiri. Upaya dalam pengobatan diri sendiri, umumnya untuk mengatasi keluhan serta penyakit ringan seperti demam, nyeri, batuk, dan sebagainya. Dalam melakukan swamedikasi dengan obat bebas dan bebas terbatas dibutuhkan tingkat pengetahuan serta pertimbangan-pertimbangan yang cermat dalam menentukan obat untuk suatu penyakit, sehingga obat yang dikonsumsi dapat digunakan secara benar serta tepat untuk mendapatkan manfaat klinik yang optimal pada tubuh. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat RW 009 Kelurahan Pasir Gunung Selatan mengenai obat bebas dan bebas terbatas yang digunakan dalam swamedikasi apakah mempunyai hubungan dengan jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, serta pekerjaan. Subjek dan metode: Penelitian ini memakai metode korelasional, teknik pengambilan sampel memakai nonrandom sampling dengan metode purposive sampling dan didapatkan 93 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Data yang dikumpulkan merupakan data kuantitatif memakai kuisioner dan hasilnya berupa analisis data dengan menggunakan chi-square. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat mempunyai tingkat pengetahuan kategori baik sebanyak 90,32%, serta kategori cukup sebanyak 9,68%. Hasil analisa chi-square menunjukkan adanya hubungan antara pendidikan terakhir (p=0,000), tidak ada hubungan antara jenis kelamin (p=0,054), tidak ada hubungan antara umur (p=0,146), dan tidak ada hubungan antara pekerjaan (p=0,824) dengan tingkat pengetahuan masyarakat mengenai penggunaan obat bebas dan bebas terbatas dalam swamedikasi pada masyarakat RW 009 Kelurahan Pasir Gunung Selatan. Kesimpulan: Adanya hubungan pendidikan terakhir dengan tingkat pengetahuan masyarakat mengenai penggunaan obat bebas dan bebas terbatas dalam swamedikasi pada masyarakat RW 009 Kelurahan Pasir Gunung Selatan. Kata Kunci: Demam; Hubungan; Obat Bebas; Swamedikasi; Tingkat Pengetahuan
ANALISIS PENGARUH FAKTOR FAKTOR IKLIM ORGANISASI DAN KEPUASAN ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI Adrianus Trigunadi Santoso
Jurnal Nusantara Madani Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Nusantara Madani
Publisher : Jurnal Nusantara Mandani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa jumlah peminat masuk perguruan tinggi di Perguruan Tinggi X Jakarta semakin rendah sejak beberapa tahun terakhir. Hal ini tentu dipengaruhi banyak aspek baik aspek internal (internal aspects) maupun aspek eksternal (external aspects). Faktor-faktor Ikim komunikasi, kepuasan organisasi, merupakan contoh aspek internal sedangkan banyaknya perguruan tinggi sejenis, baik negeri maupun swasta yang membuka jurusan yang sejenis, aspek ekonomi, minat, peluang kerja, dan sebagainya merupakan aspek eksternal. Latar belakang: Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Faktor-faktor Iklim Komunikasi Organisasi dan Kepuasan Organisasi terhadap Efektivitas Komunikasi Organisasi. Subjek dan metode: nilai R Square adalah 0,684. Ini berarti bahwa 68,4% dari varians efektivitas komunikasi organisasi dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel iklim komunikasi organisasi dan kepuasan organisasi. Sisanya dipengaruhi oleh unsur lainnya.. Semakin besar nilai kedua variabel bebas akan semakin tinggi pula nilai efektivitas komunikasi organisasi. Hasil: nilai R Square adalah 0,684. Ini berarti bahwa 68,4% dari varians efektivitas komunikasi organisasi dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variabel iklim komunikasi organisasi dan kepuasan organisasi. Sisanya dipengaruhi oleh unsur lainnya. Artinya bahwa secara bersama-sama variabel iklim komunikasi organisasi dan kepuasan organisasi memberikan pengaruh terhadap efektivitas komunikasi organisasi. Semakin besar nilai kedua variabel bebas akan semakin tinggi pula nilai efektivitas komunikasi organisasi Kesimpulan: Artinya bahwa secara bersama-sama variabel iklim komunikasi organisasi dan kepuasan organisasi memberikan pengaruh terhadap efektivitas komunikasi organisasi.

Page 1 of 3 | Total Record : 27