Higher order thinking skills (HOTS) merupakan keterampilan berpikir yang dapat menuntun keterampilan berpikir yang tidak hanya mengaplikasikan apa yang sudah dipahami, melainkan menganalisis, mengevaluasi, dan mengaplikasikan ini termasuk ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan higher order thinking skills (HOTS) melalui penerapan model project based learning (PjBL) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit peserta didik MAN Labuhanbatu Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data mengggunakan tes dan observasi. Uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, uji N-Gain, pair sample t-test. Pada analisis deskriptif dengan bantuan software SPSS versi 22 di dapatkan nilai rata-rata penerapan pengggunaan model project based learning (PjBL) adalah 87,4 termasuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya dengan menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning (PjBL) pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dapat meningkatkan higher order thinking skills (HOTS) peserta didik MAN Labuhanbatu Selatan.
Copyrights © 2024