Attadib: Journal of Elementary Education
Vol 8, No 1 (2024): Attadib: Journal of Elementary Education

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA BERGAMBAR MATERI PKN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Aisyah, Siti (Unknown)
Saputra, Agra Dwi (Unknown)
Santosa, Sedya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Pengembangan Bahan Ajar Cerita Bergambar Materi PKN di Sekolah Dasar bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan bahan ajar cerita bergambar tema 4 kelas IV SDN 15 Palembang. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model pengembangan Tessmer yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu pendahuluan (tahap persiapan dan pendesainan), alur formatif evaluasi ( self evaluasi dan expert review ). Kemudian dilakukan pengujian kevalidan ( walkthrough dan one to one ) dan kepraktisan ( kelompok kecil ). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 15 Palembang. Hasil dari penelitian ini menuju bahwa : pengembangan bahan ajar cerita bergambar SDN 15 Palembang dinilai sangat valid hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian walkthrough oleh tiga ahli yaitu, ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa dengan skor rata-rata 84%, kemudian uji one to one yaitu dengan membagikan angket responden siswa kepada siswa memperoleh skor rata-rata 92% dan terdapat pada kategori sangat valid. Bahan buka cerita bergambar tema 4 kelas IV SDN 15 Palembang juga dipotong sangat praktis. Hal ini diperoleh dari uji kepraktisan yang dilakukan dengan membagikan angket responden siswa kepraktisan ( kelompok kecil ) dengan skor rata-rata 89% dan terdapat pada kategori sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...