Jurnal Kesehatan
Vol 13 No 1 (2024): Jurnal Kesehatan

Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Di Ruang ICU

Nuryatul Hasanah (Unknown)
Muhammad Martono Diel (Unknown)
Inna Mukhaira (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Pelayanan Rumah Sakit saat ini sudah mulai berkembang, Rumah Sakit semakin memiliki kesadaran atas peningkatan pelayanan agar mutu dan kepuasan pasien dapat meningkat. Pelayanan yang diberikan oleh Rumah Sakit harus berkualitas dan memenuhi lima dimensi mutu utama yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien di ruang ICU Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta. Desain penelitian ini deskriptif kuantitatif yang menggunakan desain analisis korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Sampel sebanyak 91 responden. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar berusia <30 tahun (57,1%), laki-laki (58,2%), Pendidikan menengah (56,0%) bekerja (68,2%) menikah (58,2%), mutu pelayanan keperawatan baik (75,8%) dan kepuasan keluarga kategori puas (72,5%). Ada hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien di Ruang ICU Rumah Sakit Kanker Dharmais dengan uji korelasi Fisher's Exact Test dengan pvalue: 0,000 (α: <0,05). Diharapkan mendapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di unit agar kepuasan keluarga meningkat dengan cara memperhatikan demensi kepuasan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kesehatan

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Kesehatan Masyarakat dan lingkungan Pendidikan dan Promosi Kesehatan Manajemen Kesehatan Pencegahan Penyakit Kebidanan dan Perawatan Anak dan Maternitas Kesehatan dan Perilaku Sosial Gizi (Nutrisi Klinis dan Gizi Masyarakat) Keperawatan Medikal Bedah Keperawatan Komunitas, Gerontik, ...