Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 2 (2024): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Perspektif Mahasiswa Terhadap Penggunaan Kecerdasan Buatan ChatGPT dalam Penyusunan Tugas Akhir

Muhammad Tarmizi (Unknown)
Yahfizham, Yahfizham (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

ChatGPT adalah salah satu dari banyak model kecerdasan buatan yang muncul. Dirilis pada 30 November 2022, ChatGPT merupakan teknologi percakapan yang dapat membantu orang mencari informasi dan menulis dengan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perspektif mahasiswa Pendidikan Matematika UINSU 2024 terhadap penggunaan kecerdasan buatan ChatGPT dalam penyusunan tugas akhir. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif memalui desain penelitian fenomenologi yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti memilih informan menggunakan metode purposive sampling. Para informan memiliki perspektif beragam tentang ChatGPT. Di satu sisi, mereka melihatnya sebagai alat yang bermanfaat untuk membantu berbagai tugas, seperti menjawab pertanyaan, menyelesaikan tugas, mencari informasi, dan menyusun tugas akhir. Di sisi lain, para informan juga mengemukakan kekhawatiran tentang potensi akurasi informasi yang tidak terjamin, plagiarisme, keterbatasan informasi, kurangnya pemahaman materi, penyalahgunaan, dan hilangnya kebiasaan berpikir kritis. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa menunjukkan minat untuk menggunakan teknologi kecerdasan buatan ChatGPT sebagai alat bantu dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas penyusunan tugas akhir

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...