JIP: Jurnal Ilmiah PGMI
Vol 1 No 1 (2015): JIP (Jurnal Ilmiah PGMI)

PENGARUH PENERAPAN METODE PROYEK (PROJECT METHOD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH PANGERAN AJI MENANGA KECAMATAN SEMENDAWAI BARAT KABUPATEN OKU TIMUR

Elia Ariani (Mahasiswa Prodi PGMI Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang)
Maryamah Maryamah (Dosen Prodi PGMI Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2016

Abstract

Pendidik mempunyai tujuan agar materi pelajaran yang disampaikan dapat dipahami oleh seluruh siswa yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka seorang pendidik harus mempunyai banyak metode untuk mencapai tujuan itu, metode proyek (Project Method) memiliki prosedur yang diterapkan secara berkelompok dengan menghadapkan siswa pada masalah dalam kehidupan sehari-hari. Masalah yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran  IPA sebelum dan sesudah diterapkan metode Proyek  di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pangeran Aji Menanga, lalu apakah ada pengaruh penerapan metode proyek terhadap motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pangeran Aji  Menanga Kec. Semendawai Barat Kab. OKU TIMUR.Skripsi ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field research) yakni menjadikan siswa dan siswi Madrasah Ibtidaiyah Swasta Pangeran Aji Menanga menjadi subyek penelitian. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 223 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 orang siswa kelas IV yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 31 orang perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis dalam skripsi ini adalah menggunakan t tes untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode proyek (Project Method) terhadap motivasi belajar siswa. Persentase motivasi belajar siswa sebelum diterapkan metode Proyekada 6 orang siswa  14 % tergolong tinggi, 29 orang siswa  67 % tergolong sedang, dan 8 orang siswa  19 %  tergolong rendah. Sedangkan motivasi belajar siswa  sesudah diterapkan metode Proyekadalah 9 orang siswa 21 % tergolong tinggi, 27 orang siswa 63 % tergolong sedang, dan 7 orang siswa 16 % tergolong rendah. Berdasarkan analisis data dengan rumus t tes adalah nilai perhitungan t-tes lebih besar daripada t-tabel, baik pada taraf 5% maupun 1% dengan rincian 2,02 < 14,04 >2,69 yang berarti Ha diterima danHo ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat pengaruh  motivasi belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah diterapkan metode proyek (Project Method) pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Aji Menanga Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU TIMUR.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini fokus dalam kajian hasil penelitian pada Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, kemudian jurnal ini juga menerima artikel kajian/analisis yang berkaitan dengan anak madrasah ibtidaiyah atau sekolah ...