Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah
Vol 6 No 1 (2023): Juni 2023

Komunitas Gowes Sebagai Strategi Customer Community Dalam Pengelolaan Jemaah Di Masjid Al Hidayah Depok

Zulfikar, Muhammad (Unknown)
Thoha, Ahmad Faiz Khudlari (Unknown)
Wadud, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Partisipasi aktif jemaah dalam komunitas masjid berperan penting dalam membangun hubungan yang kuat antara jemaah dan masjid serta meningkatkan kualitas pengelolaan jemaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Komunitas Gowes Masjid Al Hidayah Depok sebagai strategi customer community dalam pengelolaan jemaah di Masjid Al Hidayah. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi terhadap anggota komunitas gowes Masjid Al Hidayah Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi aktif jemaah dalam komunitas gowes memberikan kontribusi positif pada hubungan yang kuat dan berkesinambungan antara jemaah dan masjid, didukung oleh faktor-faktor kepuasan, kepercayaan, dan komitmen. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya komunitas gowes sebagai strategi customer community dalam meningkatkan keterlibatan dan keterikatan jemaah dengan masjid, dengan implikasi pada pengembangan Customer Relationship Management (CRM) untuk memperkuat hubungan jemaah dengan masjid secara berkelanjutan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MASJIDUNA

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Focus and Scope Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang manajemen dakwah. Jurnal ini mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup Ilmu Dakwah meliputi kajian manajemen masjid, manajemen dakwah, organisasi ...