Jurnal Digital Media dan Relationship
Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Digital Media & Relationship

KOMUNIKASI PETUGAS DALAM PENINGKATAN LAYANAN PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RISIKO (DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA)

Mahdar, Mahdar (Unknown)
Satyadharma, Maudhy (Unknown)
Susanti, Neni (Unknown)
Karamani, Dinar Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh Petugas Perizinan pada Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, obsevasi dan studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan yang digunakan adalah purposive sampling yaitu dua staff dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPSP) Provinsi Sulawesi Tengara yang berjumlah 2 orang, Pejabat serta staf teknis perijinan Dinas Perhubungan Provinsi Tenggara yang berjumlah 7 orang. Penelitian telah dilakukan dari Bulan Januari – Maret 2024. Hasil dari penelitian ini menunjukan Penyelenggaraan Perizinan Berusaha berbasis risiko pada sektor perhubungan berjalan dengan baik karena sudah semakin efektifnya komunikasi interpersonal yang dijalankan oleh para petugas perizinan yaitu keterbukaan (opennes), empati (emphaty), sikap mendukung (supportiveness), sikap positif (possitiveness), dan kesetaraan (equality).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jdigital

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Digital Media & Relations memfokuskan pada tulisan-tulisan yang memuat penelitian dan pemikiran kekinian di bidang Ilmu Komunikasi dalam berbagai sudut pandang / perspektif termasuk: 1. Media Baru dan Teknologi Komunikasi 2. Media dan Jurnalisme 3. Komunikasi Terapan 4. Hubungan Masyarakat 5. ...