Center of Economic Students Journal (CSEJ)
Vol. 6 No. 3 (2023): July

Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Tingkat Pendapatan Masyarakat terhadap Jumlah Nasabah: (Studi Kasus pada BRI Unit Perintis Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar)

Aprilia, Nita (Unknown)
Sinring, Bahar (Unknown)
Arifin (Unknown)
Kadir, Jamaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Tingkat Pendapatan Masyarakat terhadap Jumlah Nasabah di BRI Unit Perintis. Variabel yang diperhatikan dalam penelitian ini adalah Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Tingkat Pendapatan Masyarakat terhadap Jumlah Nasabah. Populasi yang menjadi fokus penelitian ini adalah seluruh nasabah penabung pada BRI Unit Perintis. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 nasabah yang dipilih secara acak. Adapun analisis yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, serta pemeriksaan heteroskedastisitas. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan analisis regresi linier berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Tingkat Suku Bunga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah nasabah, demikian juga dengan variabel Tingkat Pendapatan Masyarakat yang juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap jumlah nasabah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CSEJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

CESJ : Center Of Economic Students Journal is an economics journal/article published and updated on a regular basis by students from the Faculty of Economics at UMI that aims to serve as a place to accommodate ideas, scientific studies, and studies, as well as a conduit of information for academic ...