PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Vol 8, No 1 (2024): Volume 8 Nomor 1 April 2024

Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Montessori Makassar

Bachtiar, Muhammad Yusri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1.Menggambarkan kecerdasan interpersonal anak pada Taman Kanak-Kanak Montessori Makassar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan bermain peran. 2. Mengetahui pengaruh bermain peran terhadap kemampuan sosial pada anak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif.Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-Eksperimen. Desain penelitian adalah one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah seluruh anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Montessori Kota Makassar. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriftif dan statistik nonparametrik. Nilai kecerdasan interpersonal anak sebelum diberikan perlakuan memiliki rata-rata sebesar 22,6 dan setelah diberikan perlakuan mendapatkan rata-rata sebesar 38,06. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai kemampuan sosial anak sebelum dan setelah diberikan perlakuan bermain peran. Hal ini merujuk pada nilai T hitung yang diperoleh yaitu sebesar 120 dan T tabel sebesar 25 maka diperoleh hasil T hitung (120) > nilai T tabel sebesar (25) maka H1 diterima dan H0 ditolak artinya ada pengaruh bermain peran terhadap kemampuan sosial pada anak, sedangkan nilai Z hitung yang diperoleh yaitu 16,7 dan Z tabel 1,645 maka diperoleh hasil nilai Z hitung (16,7) > nilai Z tabel (1,645) maka H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya ada pengaruh bermain peran terhadap kemampuan sosial pada anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...