Jurnal Varidika
Volume 27 No. 2, Desember 2015

Penyusunan Media Pembelajaran Poster Berbasis Teks: Studi Kasus Media Pembelajaran Poster Karya Mahasiswa Semester 5 Pendidikan Bahasa Indonesia UMS

Sulistyono, Yunus (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2016

Abstract

Media pembelajaran poster bisa menjadi alternatif media yang menarik dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian ini berfokus pada penyusunan media pembelajaran poster oleh mahasiswa semester 5 Proram Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMS. Kriteria utama yang diacu dalam penentuan media poster yang baik mengacu pada kriteria keterbacaan, mudah dilihat, mudah dimengerti, dan memiliki komposisi yang baik. Sementara itu, penerapan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks mengarah pada sejauh mana penerapan mahasiswa dalam memanfaatkan teks sebagai dasar utama pembelajaran dengan media poster. Kajian ini menghasilkan kesimpulan bahwa baru sebagian kecil poster yang telah memenuhi kriteria poster yang baik. Sementara itu, teks sebagai dasar pembelajaran bahasa Indonesia juga baru ditemukan pada sebagian kecil poster. Hal ini dikarenakan poster mengharuskan tampilan yang menonjolkan poin-poin utama dan bersifat padat sehinga pemanfaatan teks belum optimal. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

varidika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Jurnal Varidika is an open access and peer-reviewed scholarly international journal published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Muhammadiyah Surakarta, and publishes twice a year (June and December). The journal focuses on publishing research article in the scope of ...