Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 1 (2024): Maret 2024

PENGUKURAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM PENDIDIKAN

Ihsany, M. Fajar Basuki (Unknown)
Arsyad, Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penerapan Total Quality Management (TQM) dalam pendidikan bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh. TQM memberikan konsep bahwa mutu merupakan tanggung jawab semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan. Metode penelitian menggunakan studi kepustakaan (library research). Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data berupa karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan pengukuran TQM dalam pendidikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan TQM antara lain adalah dukungan kepala sekolah, partisipasi aktif semua pihak terkait sistem pengukuran dan evaluasi yang efektif, serta pelaksanaan pelatihan dan pengembangan staf. TQM harus di berlakukan terus menerus dan berkesinambungan demi tercapainya tujuan pendidikan, yang memberikan kepuasan kepada peserta didik, orang tua dan masyarakat. Ketiganya harus saling bersinergi untuk mendukung sekolah agar terus berkembang dan maju. Kajian ini merekomendasikan pengukuran TQM dalam Pendidikan. Kapankah sebuah Lembaga Pendidikan dikatakan berhasil atau tidak dalam penerapan TQM. Kata Kunci: Implementasi, Pengukuran Total Quality Management (TQM)    

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alwildan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam on publishing articles that contain ideas, ideas, research results, and literature studies in the field of Islamic Education Management. Al Wildan: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Scope are: • Al Quran and Hadith-based Islamic Education • Media and ...