TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan
Vol 8 No 1 (2024): April

IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM JAMALUDDIN AL-AFGANI DI INDONESIA

Jumrotun, Siti (Unknown)
Roza, Ellya (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Umat Islam mengalami masa kemunduran yang ditandai dengan perpecahan, kemiskinan dan hidup dalam penajajahan, kemunduran dari segi pendidikan dan ilmu pengetahuan setelah mengalami masa kejayaan dan pertumbuhan selama lebih dari 6 abad. Beberapa tokoh Muslim menyadari kemuduran tersebut akan menjadi ancaman bagi umat Muslim. Jamaluddin al-Afghani merupakan salah satu tokoh Muslim yang dan berusaha keluar dari masa sulit tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan, yaitu mengumpulkan data dengan cara mencari berbagai literasi hingga jurnal yang relevan dengan topic yang dibahas. Penelitian ini mengkaji implementasi konsep pendidikan yang diusung oleh Jamaluddin al-Afghani pada masa sekarang. Jamaluddin al-Afghani berusaha memberikan jiwa baru pada pendidikan dengan jalan krtik-membangun serta memadukan antara system pendidikan tradisional dengan system modern. Adapun konsep tersebut diterapkan pada masa sekarang yang banyak dijumpai di berbagai lembaga pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tajdid

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

TAJDID merupakan jurnal pemikiran keislaman dan kemanusiaan. Frekuensi penerbitan dilakukan sebanyak 2 (dua) kali dalam setahun setiap bulan April dan Oktober oleh LP2M IAI Muhammadiyah Bima. TAJDID akan menyajikan ide-ide yang up to date disertai dengan solusi-solusi yang relevan seputar pemikiran ...