Perspektif
Vol. 4 N.ยบ 1 (2009): Juni 2009

Multicultural Education: Its Implication to Teaching Material and Teacher's Attitude

Imaningrum, Raphaella Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2009

Abstract

Konsep pendidikan multikultural sebagai dimensi praktis dari multikulturalisme berakar dari konsep relativisme budaya. Tujuan utamanya adalah menyiapkan siswa dan guru agar melek budaya sehingga mampu berfungsi secara efektif dalam budaya yang beraneka ragam. Perspektif multikultural menekankan enam level nilai: toleransi, penerimaan, penghormatan, afirmasi, solidaritas, dan kritik. Sementara itu, banyak sekolah hingga saat ini hanya sampai pada tingkat "penghormatan" pada budaya lain. Beberapa penelitian terkait menunjukkan bahwa bahan ajar siswa masih mengandung bias etnis, agama, dan jender, sehingga tidak mencerminkan keragaman budaya siswa serta tidak mendukung perubahan sosial yang lebih menghormati keanekaragaman budaya. Keanekaragaman budaya hanya menampil pada "multikulturalisme turis", pengetahuan tentang nama, tempat, peristiwa dan pernak-pernik budaya. Dalam bahan ajar, tampak bahwa bias budaya meliputi: (1) tidak ditampakkannya budaya (2) stereotipi (3) selektivitas dan ketidakseimbangan (3) tidak sesuai kenyataan (5) fragmentasi dan isolasi, dan (6) bahasa yang muncul dalam berbagai bahan ajar di sekolah. Pendidikan multikultural juga berdampak pada sikap guru: peduli dalam membantu siswa yang berbeda latar belakang budaya untuk mengembangkan pemahaman diri dan konsep diri yang baik, peka dan memahami orang dengan berbagai budaya yang berbeda. Setiap mata pelajaran yang diberikan untuk merefleksikan realitas akan keberbedaan budaya di dalam negeri maupun dalam dunia internasional.

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

jpf

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Perspektif, Jurnal Agama dan Kebudayaan diterbitkan untuk menjadi medium diskusi dan kajian ilmiah atas isu-isu agama dan kebudayaan, dengan mengedepankan perspektif toleransi dan dialog lintas agama dan budaya untuk membangun harmoni sosial. Jurnal ini menerbitkan tulisan-tulisan ilmiah baik yang ...