Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode diskusi kelas “fishbowl” terhadap peningkatan hasil belajar IPAS kelas IV SDN 106806 Cinta Rakyat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat yang berjumlah 88 orang dengan sampel 2 kelas yaitu kelas IV B (Kelas eksperimen) dan kelas IV C (Kelas kontrol) yang berjumlah 59 orang. Jenis penelitian adalah Quasi-Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data dilakukan dengan bantuan uji t . Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan yaitu nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 88,33 dan kelompok kontrol sebesar 71,72. Hal ini didukung oleh nilai N-gain yaitu kelompok eksperimen berada pada nilai 0,68 kategori (sedang) dan kelompok kontrol berada pada nilai 0,28 kategori (rendah). Selanjutnya hasil uji t menyatakan thitung (7,317) > ttabel (2,002) pada ɑ= 0,05 N=57 atau Ha diterima. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa atau dapat dikatakan metode pembelajaran diskusi “fishbowl” efektif terhadap peningkatan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri 106806 Cinta Rakyat.
Copyrights © 2024