JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol 8, No 3: Juni 2024

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENURUT TEORI KASTOLAN PADA MATERI PECAHAN DI SD KELAS V T.A 2023/2024

Halawa, Satrio (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Lubis, Wildansyah (Unknown)
Simanjuntak, Sorta (Unknown)
Prawijaya, Septian (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita pecahan serta penyebanya berdasarkan Teori Kastolan. Subjek penelitian ini yaitu25siswa kelas V A SDN 104201 Kolam. Instrumen penelitian ini menggunakan 5 butir soal essay. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa melakukan kesalahan konseptual sebesar 39,2%, kesalahan prosedural sebesar 58,4% dan kesalahan teknik sebesar 64%. Adapun kesalahan konseptualĀ  disebabkan oleh ketidakmampuan siswa menyamakan penyebut bilangan pecahan, danĀ  tidak dapatmengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Kesalahan prosedural terjadi karena siswa tidak terbiasa dengan soal cerita. Sedangkan kesalahan teknik disebabkan oleh siswa belum menguasai perkalian dan pembagian serta ketidaktelitian siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...