Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 7, No 1: JUNI 2024

PERANCANGAN MODEL SISTEM PENILAIAN EVALUASI KINERJA KARYAWAN DIVISI HOUSEKEEPING HOTEL AMARTHAHILLS MENGGUNAKAN METODE 360 DEGREE FEEDBACK

Dewi, Fitriya Gemala (Unknown)
Suwondo, Ampar Jaya (Unknown)
Hariyanto, Krisnadhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Penelitian dalam sistem kinerja karyawan dengan metode 360 derajat ini dimaksudkan untuk mengevaluasi kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancaman untuk divisi Housekeeping di Hotel Amarthahills. Implementasi strategi feedback 360o pada divisi Housekeeping Hotel Amarthahills adalah menciptakan penilaian kinerja yang adil dan objekti serta bertujuan menetapkan sistem kinerja bagi karyawan dengan melibatkan berbagai pihak dalam merumuskan instrumen evaluasi di setiap tingkat yang terkait. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 360 derajat dimana metode ini merupakan sistem berbasis tujuan yang mengukur kinerja seseorang terhadap standar atau tujuan secara individu, sehingga setiap karyawan mempunyai uraian tugas dan spesifikasi pekerjaan yang jelas, terarah dan efektif. Metode 360 derajat ini melibatkan karyawan secara langsung melalui wawancara dan penyebaran kuesioner di Hotel Amarthahills. Hasil dari sistem kinerja ini dapat mengevaluasi untuk memisahkan pekerja satu dengan pekerja lain yang tidak memuaskan dan menyarankan untuk menurunkan posisinya dari sebelumnya. Kesimpulan dari hasil sistem penilaian kinerja dengan metode 360 derajat ini didapatkan bahwa nilai pengetahuan dan wawasan sebesar 13,39.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bisnet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bisnisnet adalah Jurnal Ekonomi dan Bisnis yang ditertbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa (FEB UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian yang mempunyai relevansi dengan : Manajemen Pemasaran ...