DEDIKASI PKM
Vol. 5 No. 2 (2024): DEDIKASI PKM UNPAM

Optimalisasi Penggunaan Social Media dan Peningkatan Strategi Marketing Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah: Bahasa Indonesia

Lady, Lady (Unknown)
Fitri, Alissya Maidha (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2024

Abstract

Usaha kuliner adalah salah satu bisnis yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Hal ini dikarenakan adanya dukungan dari teknologi yang dapat mempermudah para pembisnis untuk melakukan pemasaran secara digital. Akan tetapi, tidak banyak pengusaha yang mengerti dalam memanfaatkan teknologi sebagai sarana pemasaran digital. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengajarkan para pengusaha dalam mengimplementasikan program pemasaran digital dengan cara membantu UMKM Hoshi Ice Cream Café. Aktivitas dari program digital marketing yang dilaksanakan adalah desain logo, mascot, pelatihan penggunaan aplikasi canva dan Paint Tool SAI pada pemilik, penambahan sosial media berupa facebook, instagram, dan tiktok. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan engagement sebesar 215% dan omset sekitar 60% setelah melakukan program pemasaran yang telah dirancang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

DKP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Artikel luaran PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei dan September oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Januari tahun 2020. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan ...