Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 4 No. 1 (2024): Linggau Journal of Elementary School Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LUBUK NGIN

Mayang Sari, Vionita (Unknown)
Lokaria, Eka (Unknown)
Yuneti, Armi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas V setelah diterapkan metode STAD di SD Negeri 1 Lubuk Ngin.. Desain penelitian berbentuk eksperiment kategori pre-test and post-test group. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Lubuk Ngin dengan populasi dan sampel yaitu siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-Z. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil nilai rata-rata, nilai rat-rata pada pre-test 44,65 meningkat menjadi 83,48 pada pos-test dimana hasil meningkat sebesar 38,83. Sedangkan pada perhitungan uji-t diperoleh bawah zhitung = 6,32 > ztabel = 1,64 sehingga terbukti bahwa Ha diterima dan Ho di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Lubuk Ngin setelah diterapkan model STAD signifikan tuntas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...