Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 4 No. 1 (2024): Linggau Journal of Elementary School Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI DURIAN TERUNG

Herlina Junita, Putri (Unknown)
Lokaria, Eka (Unknown)
Yuneti, Armi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa kelas V setelah diterapkan model pemebelajaran Make A Match di SD Negeri Durian Terung. Desain penelitian berbentuk eksperiment semu kategori one group pretest - posttest group. Penelitian dilakukan di SD Negeri Durian Terung dengan populasinya yaitu siswa kelas V. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh dikarenakan jumlah populasi kecil. Teknik pengumpulan data dilakukan teknik tes yang terdiri dari 19 soal pilihan ganda. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-z. berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil nikai rata-rata, nilai rata-rata pada pretest 46,00 meningkat menjadi 75,75 pada posttest dimana hasil meningkat sebesar 29,75. Pada perhitungan uji-Z diperoleh Zhitung = 4,53 > Ztabel = 1,64 terbukti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Durian Terung setelah diterapkan model Pembelajaran Make A Match signifikan tuntas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...