JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila di Kelas V SD Negeri 091724 Silau Dunia

Sinaga, Aditya Dwinova (Unknown)
Gandamana, Apiek (Unknown)
Nurmayani, Nurmayani (Unknown)
Nasution, Yusra (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Prblem Based Learning berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain Pre-Eksperimen tipe One Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi yang digunkan di dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 091724 Silau Dunia. Adapun sampel yang digunakan adalah keseluruhan populasi dijaikan sebagai sampel yaitu sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji noermalitas, dan uji hipotesis. Semua perhitungan hasil uji yang dilakukan, diolah dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 23. Hasil penelitian dengan menggunakan uji paired samples t-test menunjukkan bahwa rata-rata hasil nilai tes yang diperoleh sebelum diberikan perlakuan adalah 66,43, sedangkan nilai rata-rata tes yang diperoleh setelah diberikan perlakuan adalah 86,9. Nilai thitung yaitu -10,196 dan nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0,000. Karena nilai signifikan < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...