JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pola Pendidikan Islam Madrasah Nizhamiyah Pada Masa Kejayaan Dinasti Salajiqah (Saljuq)

Astika, Yuni (Unknown)
Yasin, Arbi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola pendidikan Islam di madrasah Nizhamiyah pada masa kejayaan dinasti Saljuq. Jenis penelitian yaitu penelitian sejarah dengan pendekatan kualitatis, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini adalah madrasah Nizhamiyah merupakan lembaga pendidikan yang dipelopori oleh Nizam al-Mulk dibawah kekuasaan pemerintah dinasti Saljuq. Sebagian besar tujuan daripada didirikannya madrasah ini yaitu untuk memperkuat sistem kekuasaan dinasti Saljuq, dan juga untuk menyebarluaskan ajaran keagamaan madzab syafi’i (Sunni). Pola pendidikan pada madrasah Nizhamiyah begitu tertata rapi. Fasilitas atau sarana prasaran yang tidak kalau sempurna, sehingga peserta didik yang mendapatkan kenyamanan selam melaksanakan pendidikan. Kurikulum diatur sesuai dengan kebutuhan masyarakat, materi yang dipelajari yaitu ilmu agama yang menjadi fokus utama, kemudian ilmu pengetahuan yang lain juga ikut mereka pelajari, seperti matematika, astronomi, filsafat, logika, dan lain-lain. Sedangkan metode pembelajaran yang dipakai adalah metode lisan, hafalan, dan bacaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...