jurnal Ilmu Sosial
Vol. 4 No. `2 (2024)

STRATEGI REVITALISASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA LITERASI DI SMA IT AL-HIJRAH MEDAN

Nurul Adinda (Unknown)
Aulia Jannah (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)
ghadief hanbal silalahi (Unknown)
Iqbal Nasution (Unknown)
Liwa Ul Hamdi Silalahi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Revitalisasi perpustakaan sekolah merupakan langkah penting dalam menciptakan budaya literasi di lingkungan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi revitalisasi perpustakaan di Sekolah Al-Hijrah Medan guna meningkatkan minat baca dan budaya literasi di kalangan siswa. Melalui pendekatan kualitatif dan studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi revitalisasi perpustakaan melalui pengembangan koleksi buku yang relevan, penyediaan ruang yang nyaman, pemanfaatan informasi teknologi, serta program-program kegiatan literasi dapat secara signifikan meningkatkan minat baca dan budaya literasi di sekolah tersebut. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan literasi pendidikan di lingkungan sekolah dan dapat menjadi panduan bagi institusi pendidikan lainnya dalam upaya meningkatkan literasi siswa.    

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

baktisosial

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Bakti Sosial adalah jurnal akses terbuka double-blind, peer-review, di Zona Pendidikan Islam. Jurnal Bakti Sosial dimaksudkan untuk menyediakan forum akademik bagi para peneliti yang tertarik untuk membahas isu-isu saat ini dan masa depan tentang pendidikan Islam. Fokus pada pemberian ...