JURNAL KEGURUAN
Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN

Penerapan Problem Based Instruction (PBI) dalam Pembelajaran Persamaan Kuadrat

Manurung, Suprapto ( Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2014

Abstract

ABSTRAKDalam pembelajaran matematika seseorang harus lebih teliti dalam memilih model pembelajaran dan terfokus pada pembelajaran berdasarkan masalah. Agar pelajaran dapat dimengerti dan belajarmengajar dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan di lapangan yakniSMP Negeri 8 Pematangsiantar, bahwa hasil belajar matematika siswa secara umum masih rendah,dan pola pembelajaran yang digunakan selama ini masih didominasi oleh guru. Hasil penelitianmenunjukkan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan modelpembelajaran berdasarkan masalah (problem-based instruction) (kelas eksperimen) danmenggunakan pembelajaran konvensional (kelas kontrol) masing-masing sebesar 68,18% dan41,46%. Berdasarkan kriteria pencapaian efektivitas disimpulkan pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (problem-based instruction) lebih efektif.Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis kovarians menunjukkan bahwahasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berdasarkan masalah(problem-based instruction) lebih baik dibanding dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model pembelajaran berdasarkan masalah, keefektifan dan pemahaman.

Copyrights © 2014