cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL KEGURUAN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 115 Documents
Pengaruh Komunikasi Kelompok terhadap Peningkatan Pengetahuan Hukum Islam Anggota Perwiridan di Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo Singarimbun, Junedi
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi kelompok dan peningkatan pengetahuan hukum Islam di kalangan anggota perwiridan yang ada di kotaKabanjahe. Peningkatan pengetahuan hukum Islam dalam penelitian difokuskan pada hukumibadah, hukum keluarga dan hukum muamalat. Sampel penelitian ini sebanyak 96 orang yangmewakili kelompok perwidan yang ada di kota Kabanjahe, baik pria maupun wanita yang terdiridari berbagai latar belakang pendidikan, usia maupun profesi sehari–hari. Adapun alat pengumpuldata yang digunakan adalah skala komunikasi kelompok dan peningkatan pengetahuan hukumIslam. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara komunikasi kelompokdan peningkatan pengetahuan hukum Islam sebesar 43 % dan sisanya ditentukan oleh faktor yanglain. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa semakin baik komunikasi kelompok dilakukan makapeningkatan pengetahuan hukum Islam juga akan semakin baik, sedangkan peningkatanpengetahuan hukum Islam secara keseluruhan perlu dilakukan penelitian lanjutan. Kata kunci : komunikasi kelompok, peningkatan pengetahuan hukum Islam
Heuristic Algorithm for Portfolio Selection with Minimum Transaction Lots ., Afnaria
JURNAL KEGURUAN Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Keguruan
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRACTPortfolio selection problem was first formulated in a paper written by Markowitz, where investment diversification can be translated into computing. Mean-variance model he introducedhas been used and developed because of it’s limitations in the larger constraints found in the realworld, as well as it’s computational complexity which found when it used in large-scale portfolio.Quadratic programming model complexity given by Markowitz has been overcome with thedevelopment of the algorithm research. They introduce a linear risk function which solve theportfolio selection problem with real constraints, i.e. minimum transaction lots. With the MixedInteger Linear models, proposed a new heuristic algorithm that starts from the solution of therelaxation problems which allow finding close-to-optimal solutions. This algorithm is built onMixed Integer Linear Programming (MILP) which formulated using nearest integer searchmethod. Key words: MILP, heuristics, portfolio optimization, minimum transaction lots, nearest integersearch.
Penerapan Teori Piaget pada Pembelajaran IPA di SMP Pohan, Lisa Ariyanti
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRAKIlmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsepkonsep,atau prinsip-prinsip saja. Proses pembelajarannya menekanzkan pada pemberianpengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alamsekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapatmembantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alamsekitar. Sesuai dengan teori pembelajaran konstruktivisme oleh Piaiget.
Penerapan Problem Based Instruction (PBI) dalam Pembelajaran Persamaan Kuadrat Manurung, Suprapto
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRAKDalam pembelajaran matematika seseorang harus lebih teliti dalam memilih model pembelajaran dan terfokus pada pembelajaran berdasarkan masalah. Agar pelajaran dapat dimengerti dan belajarmengajar dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan di lapangan yakniSMP Negeri 8 Pematangsiantar, bahwa hasil belajar matematika siswa secara umum masih rendah,dan pola pembelajaran yang digunakan selama ini masih didominasi oleh guru. Hasil penelitianmenunjukkan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan modelpembelajaran berdasarkan masalah (problem-based instruction) (kelas eksperimen) danmenggunakan pembelajaran konvensional (kelas kontrol) masing-masing sebesar 68,18% dan41,46%. Berdasarkan kriteria pencapaian efektivitas disimpulkan pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (problem-based instruction) lebih efektif.Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis kovarians menunjukkan bahwahasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berdasarkan masalah(problem-based instruction) lebih baik dibanding dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model pembelajaran berdasarkan masalah, keefektifan dan pemahaman.
Pembentukan Karakter Melalui Pembelajaran PAKEM Andriany, Liesna
JURNAL KEGURUAN Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Keguruan
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRACTUniversity is aplace to create the children of nation in to the qualified human, intellectual, virtuous character which have been the slogan and logo of education. To achieve these educational goals,learning is the core of educational process. Achievement of quality professional learning is theresponsibility of a teacher. There fore, a holistic systematicis necessary as an effort to increase thequality and character of sciencethat canbe applied through innovative and constructive learningmodel. Implications of applying the model PAKEM which integrates with character valuesindirectly will develop the character quality of graduates, ready-made, self-reliant, resilient,creative, innovative and well characterized. Key words: character, PAKEM
Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Manurung, Nurhasnah
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian tindakan kelas (PTK) sering juga disebut classroom research, atau action research dan self reflective inquiry. Penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah dalam kelas. PTK dilakukanoleh guru di dalam kelasnya sendiri sesuai bidang studi/mata kuliah yang diasuhnya. PTK padaintinya bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran. Perbaikan dilakukan secara bertahap danterus-menerus, selama kegiatan penelitian dilakukan. Oleh karena itu, dalam PTK dikenal adanyasiklus pelaksanaan berupa pola: perencanaan, pelaksanaan, observasi, ref1eksi revisi (perencanaanulang). Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas
Perbandingan Gaya Belajar Interpersonal dengan Gaya Belajar Penguasaan terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Calon Guru Keliat, Ramlan; ., Afnaria
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRAKSetiap orang memiliki keunikan masing-masing dalam melakukan aktivitas belajar, khususnya dalam belajar matematika. Terdapat empat gaya belajar matematika secara umum, yaitu gayabelajar penguasaan, gaya belajar pemahaman, gaya belajar interpersonal, dan gaya belajar ekspresidiri. Masing-masing gaya belajar ini membutuhkan strategi pembelajaran yang berbeda. Studi iniakan membandingkan waktu yang dibutuhkan untuk menguasai konsep/materi matematika padagaya belajar interpersonal dan gaya belajar penguasaan. Dimana, gaya belajar interpersonal diberiperlakuan dengan strategi belajar diskusi, sedangkan mahasiswa dengan gaya belajar penguasaandiberi perlakuan dengan strategi belajar problem based learning. Objek penelitian merupakanmahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UISU, dimana diambil sampel sebanyak 10 oranguntuk masing-masing gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan gayabelajar interpersonal lebih cepat dalam mencapai kecakapan yang dimaksud dibandingkanmahasiswa dengan gaya belajar penguasaan. Kata kunci : gaya belajar matematika, gaya interpersonal, gaya penguasaan, problem basedlearning, diskusi
Ada Apa di Balik “Pincalang” Idris Pasaribu, Sebuah Kritikan Harahap, Abdul Rahim
JURNAL KEGURUAN Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Keguruan
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRACTThis criticism aims to see how extent the structural reinforcement novel “Pincalang” by Idris Pasaribu terms of themes and forms. The themes will question the existence of man marine (boatpeople) in North Sumatera Sibolga to exploit cultural values and religion. While the shape, justanalyze the dominant elements in the novel. And then vote as strengths and weaknesses. Themethod used is the structure and descriptive methods. Both methods are used to see „what‟ and„how‟ the themes and forms of it in the novel.The research reveals that in fact of Presidential decree to launch a boat loan in addition failing toimprove the welfare of fishermen in general, can also threaten boat human life. Proven decree onlybenefits the employers and authorities, while the lives of poor fishermen and boat people remainpoor. And families victimized Amat (punished to 7 years in prison) despite his determination aftergetting out from prison are to continue living as the sea with the truth and trying to save the humannature of any land disturbance.The strength of this novel, apart from the intent is the novelist wants the dignity of boat peopletoday, as well as conduct suspension at the beginning of the story, making in interest andmemorable. But the weakness is the novelist did curbs on character actors that seem like reportageonly. The authors concluded that the implementation of the presidential decree boat loans to thefishermen in the west coast of northern Sumatra province Sibolga need to review again.Keyword : Appreciation, Novel, Critical
Korelasi Penggunaan Waktu Senggang terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi PPKn pada Siswa SMP Swasta Medan Putri Kecamatan Medan Timur Matondang, Asnawati
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan waktu senggang dan prestasi belajar PPKn siswa SMP Swasta Medan Putri serta hubungan diantara keduanya. Metode dalam penelitian iniadalah deskriptif analisis. Adapun populasi seluruh siswa sebanyak 281 orang dan sebagai sampelpenelitian ditentukan secara cluster sampling yakni siswa kelas VIII.1 dan siswa kelas VIII.2sebanyak 70 orang. Data dijaring menggunakan angket sebanyak 20 item dan tes bidang studiPPKn sebanyak 25 soal berbentuk objektif. Nilai rata-rata penggunaan waktu senggang siswaadalah 88.38% dikategorikan A (baik sekali), artinya waktu senggang siswa dimanfaatkan untukkegiatan-kegiatan yang positif. Kata kunci : Waktu Senggang, Prestasi Belajar.
Pemanfaatan Bahan Bekas Sebagai Media Pembelajaran Andriany, Liesna; Manurung, Nurhasnah
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRACTThere are many scraps around where we live that can be used as a medium of learning. SMA Kartini Utama, SMA Teladan, and MA Alwashliyah are training place for the making of learning media of scraps. The method used is a lecture, question and answer, demonstration method, simulation and training. The goal is to increase teacher’s creativity by creating their own learning media in order to make an interesting learning process, students become active which ultimately will improve their learning outcomes.Key word: scraps, instructional media

Page 1 of 12 | Total Record : 115