MENTARI : Journal Of Islamic Primary School
Vol 2 No 2 (2024): June 2024

Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester MI Menggunakan Rasch Model

Anwar, Zainul (Unknown)
Masrifatin, Yuni (Unknown)
Rahmania, Nurani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Penilaian merupakan satu dari sekian pendekatan yang digunakan untuk mengevaluasi hasil dari belajar siswa sera memutuskan ketercapaian tujuan dalam proses pembelajaran tersebut. Berangkat dari permasalah tersebut, penelitian ini ingin mengetahui validitas, reliabilitas serta tingkat kesulitan butir soal menggunakan Rasch Model. Dalam pengumpulan, data peneliti mengggunakan teknik dokumentasi yang meliputi lembar jawaban Penilaian Akhir Semester genap 2022/2023 kelas V di salah satu MI Kabupaten Nganjuk, dengan total 30 responden serta 15 tes pilihan ganda dengan 4 opsi jawaban. Pada penelitian ini analisa data menggunakan bantuan Winstep 3.7.3. Dengan hasil analisa dilihat dari validitas, 14 soal valid (93,3%) dan 1 soal tidak valid (6,3%); dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,27 dengan interpretasi buruk, nilai Person Reliability 0,1 dengan interpretasi lemah serta nilai Item Reliaability 0,83 dengan interpretasi bagus; tingkat kesulitan butir soal telah sesuai dengan kaidah pengembangan instrumen tes, dikarenakan terdapat penyebaran kesulitan butir soal tersebut meliputi 4 butir soal (26,66%) dengan kreiteria sangat sulit, 2 butir soal (13,33%) dengan kriteria sulit, 4 butir soal (26,66%) mudah serta 5 butir soal (33,33%) dengan kriteria sangat mudah. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan butir soal Penilaian Akhir Semester genap mata pelajaran matematika kelas V MI memiliki pola item yang fit. Sehingga, dapat diasumsikan butir soal Penilaian Akhir Semester genap mata pelajaran matematika kelas V MI dapat mengukur apa yang ingin diukur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ment

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Mentari : Journal of Islamic Primary School is a double-blind peer-reviewed journal published by the Study Program of Education for Islamic Elementary School Teachers , Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ula Kertosono Nganjuk. The journal publishes research articles of Islamic primary ...